Model Pembinaan Karakter Siswa Madrasah Aliyah Negeri Se Kota Medan

Darwis, Ahmad (2020) Model Pembinaan Karakter Siswa Madrasah Aliyah Negeri Se Kota Medan. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Pendahuluan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari materi pembinaan karakter yang diberikan pada siswa, penggunaan model pembinaan karakter, pelaksanaan pendidikan karakter, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembinaan karakter dan solusinya di Madrasah Aliyah Negeri se kota Medan Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yang menggunakan metode kualitatif. Masalah dalam penelitian ini adalah pengungkapan deskriptif secara komprehensip dan mendalam tentang pendidikan karakter. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif diperoleh dari hasil masukan dari para ahli, observasi, wawancara, dokumentasi dan angket penilaian model yang di analisis dan di konsultasikan kepada ahli. Subyek penelitian ini adalah pakar pendidikan karakter, pimpinan madrasah, guru, dan siswa MAN se kota Medan. Objek dalam penelitian ini adalah model pendidikan karakter siswa, kemudian kebijakan dan pengembangan model pendidikan karakter siswa berbasis pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning), Uji Coba model pendidikan karakter ditetapkan sesuai dengan kebutuhan pengembangan model pendidikan karakter, dengan mendapatkan hasil masukan dari dua orang ahli di bidang karakter, satu orang ahli di bidang desain pendidikan karakter kemudian satu orang mewakili kepala madrasah/guru serta disetujui oleh kedua promotor dan tanggapan dari siswa. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah materi yang di sampaikan guru sesuai dengan apa yang sudah tertera di dalam silabus, materi pokok pendidikan karakter terdiri dari beberapa materi yang telah disusun berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah berlaku oleh para guru pengasuh mata pelajaran pendidikan karakter. Model pembinaan Karakter siswa di MAN se Kota Medan dilakukan dengan implementasi program kerja Madrasah yang dirumuskan oleh pimpinan Madrasah. Kendala-kendala dalam pembinaan karakter siswa, dipengaruhi beberapa faktor yaitu kondisi input pembelajaran, sumber belajar dari guru, sumber belajar yang lain belum di gali, model pembelajaran masih tradisional guru terjebak pada rutinitas program yang sudah direncanakan

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 May 2020 09:24
Last Modified: 19 May 2020 09:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8811

Actions (login required)

View Item View Item