Pemikiran Pendidikan Asy-Syaikh As-Sa‘Di Dalam Tafsir Tays I R Al-Kar I M Ar-Ra H M A N F I Tafs I R Kal A M Al-Mann A N (w. 1376 H/1957 M)

Manik, Wagiman (2020) Pemikiran Pendidikan Asy-Syaikh As-Sa‘Di Dalam Tafsir Tays I R Al-Kar I M Ar-Ra H M A N F I Tafs I R Kal A M Al-Mann A N (w. 1376 H/1957 M). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DISERTASI WAGIMAN MANIK.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menguak pemikiran pendidikan Asy-Syaikh As-Sa‘di dalam Tafsir Tays i r al-Kar i m ar-Rahm a n F i Tafs i r Kal a m al-Mann a n, untuk dijadikan pelajaran dan acuan dalam melaksanakan pendidikan, karena pada hari ini sebagian orang yang terlibat dengan urusan pendidikan telah melakukan pelanggaran di dalamnya, dan telah jauh dari nilai-nilai pendidikan yang diinginkan oleh Islam, seperti adanya oknum guru yang memukul muridnya sehingga meninggal dunia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi tokoh, maka penelitian jenis ini biasa dikenal dengan penelitian kepustakaan (library research) dengan jenis kualitatif. Peneliti melakukan analisis konten untuk menelaah secara cermat dan mendalam terhadap ayat-ayat Alquran, yang ditafsirkan oleh as-Syaikh as-Sa‘di terkait dengan pendidik, peserta didik, kurikulum dan metode pendidikan Islam. Kemudian ayat-ayat yang berkaitan dengan pembahasan dalam disertasi ini dipertegas dan dikuatkan oleh sejumlah hadis dan pernyataan para ulama yang relevan. Hasil akhir dari penelitian ini bahwa pendidik adalah sosok yang dapat dijadikan panutan dan ikutan, karena ia memiliki akhlak yang mulia baik terhadap dirinya sendiri, peserta didiknya dan juga dengan masyarakat serta lingkungannya. Sementara peserta didik adalah seorang yang harus memiliki akhlak yang bagus, baik terhadap dirinya sendiri, pendidiknya maupun masyarakatnya.Kemudian isi atau muatan kurikulum, adalah akidah atau pokok-pokok keimanan, ibadah, akahlak dan muamalah, dan materi-materi dalam kurikulum, harus disampaikan dengan metode yang tepat dan sesuai, sehingga peserta didik dapat memahami dengan mudah dan cepat.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.4 Pemurnian dan pembaharuan pemikiran > 2X7.41 Pemurnian pemikiran dalam Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 19 Apr 2020 09:46
Last Modified: 19 Apr 2020 09:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8714

Actions (login required)

View Item View Item