Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Pemahaman Peran Gender Siswa Kelas IX MTs Al Washliyah Kedaisianam Batu Bara

Fahmi, Muhammad Yasir (2018) Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Pemahaman Peran Gender Siswa Kelas IX MTs Al Washliyah Kedaisianam Batu Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
muhammad yasir fahmi bebas perpus pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bimbingan dan konseling sangat bermanfaat bagi siapa saja terutama bagi siswa/i/ adapun tujuan dari pemberian layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemahaman peran gender siswa kelas IX MTs Al-Washliyah Kedaisianam Batubara adalah: 1) Untuk mengetahui tentang pemahaman peran gender siswakelas IX Mts Al-Washliyah Kedaisianam Batu-Bara. 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pemahaman peran gender siswa kelas IX MTs Al-Washliyah Kedaisianam BatuBara. 3) Untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang peran gender melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas IX Mts Al-Washliyah Kedaisianam Batu-Bara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas bimbingan konseling dengan model siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Selanjunya penelitian tindakan kelas bimbingan konseling melakukan dua siklus dan masing-masing tindakan siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : 1) Pemahaman peran gender siswa kelas IX di MTs AlWashliyah Kedaisianam Batu-Bara sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok cenderung rendah. 2) Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebelum tindakan bimbingan kelompok, pemahaman peran gender siswa dengan kategori sangat rendah. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siklus I dengan 2 kali pertemuan dengan hasil 58% dalam kategori rendah dan pada siklus II dengan 2 kali pertemuan mendapat hasil rata-rata 80% masuk ke dalam kategori baik. 3) Pemberian layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemahaman peran gender siswa kelas IX di MTs Al-Washliyah Kedaisianam Batu-Bara mempunyai pengaruh yang signifikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan kelompok, pemahaman peran gender
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 Mar 2020 05:02
Last Modified: 23 Mar 2020 05:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8683

Actions (login required)

View Item View Item