Rahmadani, Rizky (2019) Pengaruh layanan bimbingan konseling kelompok dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI RIZKY RAHMADANI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitan ini di latar belakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami masalah tanggung jawab belajar yakni peserta didik yang sering tidak mengerjakan tugas, dan sering menyontek sesama teman, kurang menaati peraturan disekolah dengan gejala yang ditandai seperti datang. Siswa harus mengikuti semua proses belajar mengajar yang telah ditentukan oleh sekolah masing-masing, mengerjakan PR, tidak bolos, tidak melawan guru, serta menuruti semua yang telah diperintahkan oleh sekolah dan juga gurunya serta menuruti seua yang telah diperintahkan oleh sekolah dan juga gurunya, mengerjakan ujian tanpa menyontek dari temannya, dan tidak rebut ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, sampel 30 yang digunakan dalam peneltian ni adalah peserta didik dari MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung kelas yang teridentifikasi memiliki kedisplinan dalam kategori rendah. Teknik layanan konseling individu dilakukan sebanyak 2 kali, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, anget, dan dokumentasi. Hasil rata-rata skor tanggungjawab belajar siswa sebelum mengikuti layanan bimbingan konseling kelompok adalah nilai signifikasinya dari kedua sampel adalah 0,003 yang mana dalam mengambil keputusan uji korelasi jika nilai uji signifikasinya lebih kecil dari 0,05 maka data tersebut terindikasi memiliki hubungan antara keduanya.maka hasil MTs Al jam’iyatul Washliyah Tembung diterima dan Ho ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok berpengaruh terhadap tanggungjawab belajar peserta didik dikelas.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Konseling Kelompok, Tanggungjawab Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 07:50 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 09:30 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8679 |
Actions (login required)
View Item |