Syafaruddin, Syafaruddin and Mesiono, Mesiono (2019) Implementing curriculum of madrasah Tsanawiyah in increasing the quality of pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Medan. FITRAH : Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 05 (2). pp. 369-386. ISSN E- 2460-2345, P-2442-6997
|
Text
FITRAH.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
8. Implementing Curriculumn of Madrasah Tsanawiyah in Increasing the Quality of Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Medan.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
Implementasi Kurikulum Pesantren Madrasah Tsanawiyah dalam peningkatan mutu di Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Medan bertujuan untuk mengetahui struktur kurikulum pesantren dan pelaksaannya di madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu menggali data yang terkait dengan pelaksanaan kurikulum pesantren dalam proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah dan mendeskripsikan data yang ada sesuai dengan fokus penelitian untuk memperjelas tujuan diadakannya penelitian tersebut. Adapun permasalahan yang dibahas dalam tulisan ini adalah bagaimana kurikulum pesantren dan pelaksanaannya di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Medan. Hasil yang didapatkan bahwa secara struktural Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Al-Akbar Medan menerapkan dua kurikulum yaitu kurikulum pendidikan pesantren dan kurikulum kementerian agama. Kurikulum pendidikan pesantren dibagi menjadi dua kurikulum. Yang petama adalah yang tidak berkaitan dengan tata bahasa Arab seperti Al-Qur’an, Hadis, dan Akhlak, ini disebut dengan kurikulum pesantren. Sedangkan mata pelajaran seperti nahwu dan sharaf dimasukkan dalam kurikulum bahasa Arab. Dalam pelaksaan kurikulum pendidikan pesantren tidak jauh berbeda dengan kurikulum Kementerian agama. Yang mengajar kurikulum pendidikan pesantren adalah guru yang berkompeten yang mempunyai kualifikasi khusus di bidang agama dan semua gurunya adalah alumni pesantren. Metode yang digunakan dalam pembelajaran materi pendidikan pesantren adalah menggunakan metode bandongan dan sorogan yang dilaksanakan secara klasikal. Metode evaluasi yang digunakan adalah evaluasi dengan ujian tulis dan praktik.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum, Mutu Pendidikan, Pesantren |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 18 Mar 2020 07:45 |
Last Modified: | 05 Jun 2020 07:20 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8653 |
Actions (login required)
View Item |