Strategi guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTs Negeri Pematangsiantar

Putri HT, Intan Nurjannah (2018) Strategi guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTs Negeri Pematangsiantar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi intan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui penyebab terjadinya kesulitan belajar pada siswa. 2) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa. 3) Untuk mengetahui apa saja kendala yang di hadapi guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, pengumpulan data penelitian dilakukan dengan memanfaatkan observasi, wawancara, dan pengkajian dokumen. Adapun langkah yang ditempuh dalam menganalisis data adalah dengan cara menyusun data, menghubungkan data, mereduksi, menyajikan data, kemudian disimpulkan. Sedangkan dalam mengkaji kevalidan atau tingkat kepercayaan data yang disajikan berikutnya dilakukan uji tingkat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil temuan penelitian ini mengungkapkan dua temuan yaitu: 1) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada siswa ada dua. Pertama faktor internal (dalam diri siswa) yaitu: ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Kedua faktor eksternal (dari luar) yaitu: lingkungan dan sekolah. 2) strategi yang di lakukan guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar siswa adalah bekerjasama dengan guru mata pelajaran dengan cara selalu berkomunikasi dan selalu melaporkan data-data hasil ujian siswa maupun data pendukung lainnya, untuk selanjutnya melakukan diagnosis dan melakukan pelayanan konseling. 3) kendala yang di hadapi guru BK adalah, kurangnya waktu bertatap muka dan jadwal yang tidak menentu membuat para guru BK harus usaha ekstra untuk mencari jam kosong dalam memberikan layanan, yang kedua adalah sulitnya menganalisis siswa yan mengalami kesulitan belajar karna disini guru BK dituntut berhati-hati, dalam hal ini guru BK juga di tuntut untuk mengetahui potensi apa yang dimiliki siswanya tetapi kendalanya adalah guru BK disini juga masih belum ahli dalam menganalisis siswa tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru BK, Kesulitan belajar siswa,
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 11 Mar 2020 08:11
Last Modified: 11 Jun 2020 03:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8593

Actions (login required)

View Item View Item