Azhar, Ihsan Satrya (2019) Fikih Wasathy. Educators: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan, 6 (2). pp. 96-114. ISSN 2354-9661
|
Text
Jurnal Ihsan Satrya-EDUCATORS.pdf Download (455kB) | Preview |
Abstract
Gagasan mengenai Fikih Wasathy (Fikih Moderat) adalah upaya lanjutan dari penanganan radikalisme dan intoleransi dalam sosial keagamaan dan tidak dipungkiri keduanya masuk dalam bidang kajian fikih. Oleh karenanya tulisan ini akan mengulas rambu-rambu agar jangan sampai muncul fikih yang radikal dan intoleran. Ditulis dengan menghimpun ayat, hadist dan pemikiran-pemikiran ulama tentang rambu-rambu untuk terwujudnya fikih yang moderat. Ada beberapa rambu yang diulas yakni, pertama, penggabungan antara mengikuti nash dan memperhatikan maksud syari’ah (maqoshid Syari’ah), kedua, berada diantara pemahaman kaum tekstualis dan pemahaman kalangan liberal, ketiga, penggabungan antara fikih dan hadis serta pengkombinasian antara ta’shil dan tajdid, keempat, berorientasi taisir (kemudahan) dalam fikih dan tadarruj (kebertahapan) dalam penerapannya, kelima, berorientasi pada kearifan lokal, keenam, mendudukkan pengertian kufur secara proporsional dan tidak serampangan, ketujuh, menyadari adanya pluralitas kebenaran jtihad dan toleran pada perbedaan pendapat, kedelapan, memperhatikan aspek kesatuan dan persatuan dari mengedepankan perbedaan. Pada hakikatnya moderasi termasuk dalam fikih adalah orisinalitas ajaran Islam dan karenanya ia akan menjamin keberlangsungan penerimaan Islam di setiap tempat dan zaman.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 2X4 FIQH |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 08:40 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 08:40 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8553 |
Actions (login required)
View Item |