Pengaruh model sq4r (survey, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar ips materi penjajahan belanda di indonesia mahasiswa Semester v pgmi fitk uin sumatera utara medan tahun akademik 2019/2020

Yusnaldi, Eka Pengaruh model sq4r (survey, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar ips materi penjajahan belanda di indonesia mahasiswa Semester v pgmi fitk uin sumatera utara medan tahun akademik 2019/2020. Tadris IPS.

[img]
Preview
Text
Jurnal Eka Yusnaldi 2019.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam Penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Hasil Belajar IPS yang di peroleh Mahasiswa PGMI dengan Menggunakan model pembelajaran SQ4R dalam pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan hasil Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Penjajahan Belanda di Indonesia mahasiswa semester V PGMI FITK UIN Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang dilakukan di semester V PGMI FITK UIN Sumatera Utara Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. semester V-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah mahasiswa sebanyak 30 orang, dan semester V-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah mahasiswa sebanyak 30 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan menggunakan Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan mahasiswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada semester V PGMI FITK UIN Sumatera Utara, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap peningkatan hasil belajar IPS materi penjajahan belanda di indonesia mahasiswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) adalah 85,15. Sedangkan rata-rata hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional adalah 74,29. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh 4,880 > 1,996.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review), Hasil Belajar IPS Materi Penjajahan Belanda di Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS
Pengguna yang mendeposit: Mrs Tadris IPS
Date Deposited: 06 Mar 2020 04:08
Last Modified: 06 Mar 2020 04:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8500

Actions (login required)

View Item View Item