Pengaruh strategi Role Playing terhadap hasil belajar bahasa indonesia kelas V MIN Securai P.Berandan

Syahfitri, Dwi (2019) Pengaruh strategi Role Playing terhadap hasil belajar bahasa indonesia kelas V MIN Securai P.Berandan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DWI SYAHFITRI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas V MIN Securai P.Berandan. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang, dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Role Playing dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V MIN Securai P. Berandan, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Role Playing adalah 88.4 dengan standar deviasi 9.87, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 74,4 dengan standar deviasi 11,58. Dengan demikian strategi Role Playing mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MIN Securai P. Berandan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Role Playing dan Hasil Belajar Bahasa indonesia
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:00
Last Modified: 11 Jun 2020 03:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8458

Actions (login required)

View Item View Item