Upaya dalam menangani pembiayaan nasabah meninggal dunia pada produk KPR di PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK Kantor Cabang Syariah Medan

Batubara, Tomi Widodo (2019) Upaya dalam menangani pembiayaan nasabah meninggal dunia pada produk KPR di PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK Kantor Cabang Syariah Medan. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. BANK BTN (PERSERO) TBK KANTOR CABANG SYARIAH MEDAN adalah lembaga keuangan milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang perbankan, merupakan salah satu lembaga keuangan bank yang berada di Sumatra Utara. kantor ini melayani berbagai layanan bank BTN kepada nasabah seperti simpanan pinjam bank, pengajuan kredit BTN, transfer dana setor tunai, penarikan langsung, hingga pembuatan akun rekening. Selain itu juga ada produk lain saeperti KPR dan internet banking dan mobile banking untuk mendukung aktifitas nasabah yang mobile. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyelesaian pembiayaan nasabah meninggal dunia pada produk KPR dan untuk mengetahui kendala-kendala dalam proses penyelesaian pembiayaan tabungan pada produk KPR meninggal dunia. Fenomena ada nasabah yang masih memiliki sejumlah utang dari produk KPR yang belum lunas dikarenakan meninggal dunia. Nasabah meninggal gara-gara mengidap penyakit dan meninggal dirumah sakit. Karna nasabah meninggal dirumah sakit bank meminta surat keterangan meninggal dunia dari Rumah Sakit tempat berobat sinasabah. Bank juga meminta documen-documen berupa fotocopy KTP,KK dan lain lain. Bank juga memberikan santunan kepada ahli waris. ahli waris mengisi formulir permohonan kleim asuransi setelah itu ahli waris menunggu sampai asuransi menyelesaikan proses kleim dan melunasi utang sinasabah. ada empat faktor yang menyebabkan terlambatnya pencairan dana (a), kurangnya informasi dan pemahaman ahli waris tentang masalah asuransi. (b), faktor keadaan, yang dimana nasabah blum bisa melaporkan karna keadaan ahli waris masih dalam keadaan berduka. (c) faktor kesalahan, kelalaian yang sifatnya kesalahan tertanggung sendiri seperti menunda melaporkan ke bank. (d) dan biasanya asuransi juga akan memakan waktu yg agak lama dalam proses kleim asuransi.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penyelesaian pembiayaan nasabah meninggaldunia , produk KPR
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah D3 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 04 Mar 2020 04:49
Last Modified: 11 Jun 2020 07:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8451

Actions (login required)

View Item View Item