Pertiwi, Galuh Putri (2018) Pengaruh Strategi Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Dan Keterampilan Siswa Kelas Iv Sd Islam Al-Huda Kecamatan Medan Marelan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Summary Skripsi Galuh.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi inkuiri terhadap hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan siswa kelas IV SD Islam Al-Huda Kec. Medan Marelan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Al-Huda Jl. Marelan V No. 21 A Kec. Medan Marelan, pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yakni kelas IVA (kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan strategi inkuiri) dan kelas IVB (kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan model konvensional). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t dan hasil yang diperoleh ada beberapa hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan uji normalitas Lilifors didapati hasil belajar pada strategi inkuiri adalah Lhitung = -0,067. Sedangkan dari taraf uji lilifors pada taraf nyata α = 0,05 maka diperoleh harga Ltabel = 0,149 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel atau (-0,067 < 0,149) yang berarti data hasil belajar siswa berasal dari populasi yang berdistribusi normal. (2) Berdasarkan uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel (1,081 < 1,841) hal ini berarti dapat disimpulkan varians berasal dari berdistribusi yang homogen. Untuk pengujian hipotesis diperoleh thitung= 6,228 dan ttabel= 1,671. Kriteria pengujian adalah terima H0 jika thitung < ttabel. Dalam penelitian ini diperoleh thitung > ttabel atau (6,228 > 1,671) dengan demikian tolak H0 dan terima Ha berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara strategi inkuiri terhadap hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan siswa kelas IV SD Islam Kec. Medan Marelan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 08:08 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 08:08 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8422 |
Actions (login required)
View Item |