Implementasi Kompetensi Sosial Guru Pai Dalam Mengatasi Kesulitan Berinteraksi Siswa Di MTs BIPDA Kec. Perbaungan Kab. Serdang Bedagai

Damayanti, Lilis (2019) Implementasi Kompetensi Sosial Guru Pai Dalam Mengatasi Kesulitan Berinteraksi Siswa Di MTs BIPDA Kec. Perbaungan Kab. Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lilis Damayanti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apa saja jenis kesulitan berinteraksi sosial siswa yang ada di MTs BIPDA Kec. Perbaungan dan bagaimana penerapan kompetensi sosial guru PAI dalam mengatasi kesulitan berinteraksi sosial siswa di MTs BIPDA Kec. Perbaungan. Jenis penelitian digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu guru PAI dan siswa yang memiliki kesulitan dalam berinteraksi, sedangkan informannya adalah siswa yang tidak mengalami kesulitan berinteraksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, analisis tersebut terdiri dari tiga alur analisis yang berinteraksi yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu (1) Interaksi sosial yang di MTs BIPDA cukup baik namun masih ada beberapa siswa yang memiliki jenis kesulitan berinteraksi dalam hal percakapan, bekerjasama, dan empati. (2) Implementasi kompetensi sosial guru PAI dalam berkinteraksi dengan siswa dalam hal kemampuan guru dalam bersikap inklusif, yaitu guru bersikap rendah hati yaitu dengan menunjukkan sikap sabar, guru juga harus dapat membangun komunikasi dialogis terhadap siswa dengan membuka jalan untuk selalu bertanya dan menanggapi saran atau pendapat, lalu kemampuan guru dalam bertindak objektif, yaitu guru hendaknya bersikap bijaksana dan adil, menghargai setiap saran ataupun pendapat juga selalu menerapkan nilai-nilai moral saat pembelajaran, dan kemampuan guru untuk bersikap tidak diskriminatif, yaitu guru menyayangi dan mengasihi serta memposisikan diri layaknya orangtua dan anak. Guru memperlakukan semua siswa sama rata tanpa memandang latar belakang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi sosial guru PAI sangatlah penting dalam mengatasi kesulitan berinteraksi sosial siswa di MTs BIPDA Kec. Perbaungan Kab. Serdang Bedagai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:31
Last Modified: 27 Feb 2020 02:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8400

Actions (login required)

View Item View Item