Peran Kepala Madrasah Dalam Menguatkan Budaya Organisasi Di Mts Guppi Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai

Mardhiyah, Siti Ainul (2019) Peran Kepala Madrasah Dalam Menguatkan Budaya Organisasi Di Mts Guppi Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
REVISI 29 JULI.pdf

Download (957kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana budaya organisasi di MTs GUPPI Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai. (2) Untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam menguatkan budaya organisasi di MTs GUPPI Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yang menghasilkan kata-kata tertulisdari orang-orang yang dijadikansebagairesponden.Subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru-guru dan staf MTs GUPPI Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai.Pengumpulan data penelitiandiperolehdenganteknikobservasi, wawancaradan dokumentasi.Langkahmenganalisis data denganmenggunakananalisis data model Milles danHubbermanyaitumereduksi data, menyajikan data dankemudianmenyimpulkan. Untukmemeriksakeabsahan data menggunakanujikredibilitas, transferabilitas, dependabilitasdan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah: (1)Hasil penelitian ini bahwa budaya yang mengandung nilai-nilai yang di anut oleh segenap warga MTs GUPPI Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai yaitu : 1. budaya kerjasama, 2. budaya disiplin, 3. budaya religius. Hal ini didasari dari terlaksananya beberapa kegiatan yang sesuai dengan jadwal kegiatan madrasah, meningkatnya prestasi madrasah, terlaksananya hubungan yang harmonis antar warga madrasah, terciptanya lingkungan madrasah yang bersih dan kondusif.Namun juga tidak luput dari beberapa kekurangan baik dari segi pelaksanaannya maupun dari segi fasilitas madrasah yang masih minim. Dalam hal ini, kepala madrasah sudah cukup berhasil dalam menguatkan budaya organisasi, berupa sikap, pengetahuan, dan keyakinan yang menjadi nilai-nilai dasar yang diterapkan oleh warga madrasah. Namun masih perlu di evaluasi dari segi pelaksanaannya dan masih perlu di kembangkan lagi agar dapat menunjukkan karakter madrasah yang lebih kuat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:30
Last Modified: 27 Feb 2020 02:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8385

Actions (login required)

View Item View Item