Analisis Semangat Jihad Ekonomi Pasca Aksi Bela Islam Di Kota Medan (Studi Pada Konsumen 212 Mart)

Sembiring, Muhammad Ismailsyah (2019) Analisis Semangat Jihad Ekonomi Pasca Aksi Bela Islam Di Kota Medan (Studi Pada Konsumen 212 Mart). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Muhammad Ismailsyah Sembiring.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jihad belakangan ini menjadi isu internasional yang kembali diperbincangkan. Adanya Aksi Bela Islam Jilid 1, 2, dan 3 dan di tahun 2018 reuni aksi 212 tersebut muncul gerkan jihad ekonomi, Maka jihad ekonomi di era modern saat ini sangat diperlukan dalam rangka membangun peradaban umat. Dalam mendorong semangat jihad ekonomi, diperlukan konsolidasi bersama antar umat dengan melepaskan segala agenda kepentingan masing-masing baik pribadi dan golongan. Jihad ekonomi yang demikian inilah yang perlu dirumuskan di Indonesia untuk dijadikan ideologi “jihad modern”, sehingga nantinya jika berhasil, Indonesia akan menjadi pusat studi jihad peradaban yang menjauhkan diri dari kemiskinan dan kekufuran, dalam hal ini pembentukan mini market 212 scara syariah yang diawali di DKI jakarta dan diperluas ke sebagian wilayah Indonesia terkhususnya di Kota Medan Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan kualitatif, prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dari fenomena yang terjadi.dan Penelitian ini dilakukan di kota Medan pada Koperasi 212 Medan Al di Jalan Al - Jihad Medan dan yang menjadi informan dlam penelitian ini akademisi, prakatisi (businessman) dan Masyarakat (konsumen). Hasil penelitian ini diperoleh, semangat jihad ekonomi untuk kebangkitan umat terus membara, salah satunya lewat bidang ekonomi. Koperasi Syariah 212 telah menginisiasi lahirnya 212Mart, minimarket Islami dengan konsep sharing economy (ekonomi berbagi). Ghirah masyarakat terkhususnya kota medan terkait pemeberdayaan ekonomi, melalui gerakan 212 Mart. Masyarakat kota medan menyambut baik dengan adanya 212 mart, disebabkan lagi banyak tokoh tokoh kota medan yang menyerukannya, kemauan masyarakat untuk berkoordinasi dalam program yang dilaksanakan, salah satunya yaitu program pembuatan mini market 212 mart di kota Medan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:30
Last Modified: 27 Feb 2020 02:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8381

Actions (login required)

View Item View Item