Peran Guru Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK AL-HIDAYAH Kecamatan Medan Polonia Tahun Ajaran 2018/2019

Rahmatika, Arizka (2019) Peran Guru Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK AL-HIDAYAH Kecamatan Medan Polonia Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSII(1).pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun Tk Al-Hidayah, 2) Peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun Tk Al-Hidayah, 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam sosial emosional anak usia 5-6 tahun Tk Al-Hidayah. Jenis penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisi data dari hasil penelitian ini, dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, analisis tersebut terdiri dari tiga alur analisis yang berinteraksi yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 1) Perkembangan sosial emosional usia 5-6 tahun Tk Al-Hidayah cukup baik. 2) peran guru yang sudah dilakukan guru-guru di Tk Al-Hidayah yaitu sebagai guru sebagai sumber belajar, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pengelola, guru sebagai demonstrator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator, guru sebagai evaluator, guru sebagai komunikator, guru sebagai manager, dan guru sebagai supervisor. 3) Faktor pendukung dalam sosial emosional yaitu faktor keluarga, lingkungan dan penalaran anak. Dan sedangkan faktor penghambat dalam sosial emosional anak yaitu Kurangnya penalaran anak, dan Egosentris. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran guru sangatlah penting dalam mengembangkan sosial emosional anak di TK Al-Hidayah Kecamatan Medan Polonia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Additional Information: Peran guru, sosial emosional, dan mengembangkan sosial emosional
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:34
Last Modified: 17 Feb 2020 03:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8323

Actions (login required)

View Item View Item