ANALISIS PERSEPSI DOSEN TERHADAP PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS DOSEN TAMU PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SUMATERA UTARA)

Irham, Mawaddah and Rahma, Tri Inda Fadhila (2019) ANALISIS PERSEPSI DOSEN TERHADAP PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS DOSEN TAMU PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SUMATERA UTARA). Lembaga Penelitian Dan Pengadian Kepada Masyarakat (LP2M).

[img]
Preview
Text
Penelitian Mawaddah Irham.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persepsi adalah proses interpretasi seseorang atas lingkungannya, dalam hal ini persepsi terhadap perbankan syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi dosen tamu Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SU terhadap perbankan syariah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data yang digunakan adalah data kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menyajikan data bahwa 73,33% setuju dengan prinsip perbankan syariah. Artinya, mereka memiliki persepsi yang baik mengenai prinsip perbankan syariah, yakni: bank syariah merupakan bank yang berlandaskan tauhid, berpedoman kepada alqur’an dan hadis. Bank syariah merupakan bank yang terbebas dari riba, maysir dan gharar. Perbankan syariah dalam kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah, demokrasi ekonomi dan prinsip kehatihatian. 43,34% menyatakan netral terhadap operasional bank syariah Artinya, informan masih ragu-ragu terhadap operasional bank syariah, karena menurut mereka bank syariah masih belum bisa beroperasi sesuai dengan prinsip syariah, tidak memberikan bagi hasil yang besar kepada nasabahnya, produknya yang susah di akses dan besarnya biaya administrasi. 44% informan menyatakan setuju dengan tujuan perbankan syariah. Artinya, informan memiliki persepsi yang baik terhadap tujuan bank syariah, yakni untuk kemashlahatan, bank syariah mengutamakan keadilan dan kebersamaan kepada semua nasabahnya, bank syariah turut sera mengurangi kemiskinan melalui produk pembiayaan. Jika dilihat dari aspek persepsi secara umum mengenai keberadaan bank syariah, pelayanan bank syariah, kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi dapat disimpulkan bahwa 70% informan memiliki persepsi yang baik terhadap bank syariah. Keputusan informan dalam memilih bank syariah, sebesar 70% .

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Feb 2020 08:11
Last Modified: 14 Feb 2020 08:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8309

Actions (login required)

View Item View Item