Marpaung, Alfauzil (2019) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Di SD Negeri 137984 Dan K13 SD Negeri 133888 Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
TESIS - Copy-dikompresi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum sifatnya dinamis karena selalu berubah-ubah sesuai dengan perkembangan dan tantangan zaman. Ketegasan kurikulum dan implementasinya sangat dibutuhkan untuk membenahi kinerja pendidikan yang jauh tertinggal dengan negara-negara maju di dunia. Indonesia Selama era reformasi, telah mengalami tiga perubahan kurikulum dalam skala nasional antara lain Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006/2007 dan saat ini kurikulum 2013. Dari perkembangan kurikulum yang terjadi kemungkinan adanya perbedaan implementasi pada strategi pembelajaran, strategi pengolahan, strategi pengembangan media pembelajaran serta dalam strategi pengembangan eveluasi antara kurikulum KTSP dengan kurikulum 2013, maka hal ini perlu diadakan pengkajian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. mengambil objek studi pada implementasi KTSP di SD negeri 137984 Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai dan Kurikulum 2013 di SD negeri 133888 Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi dan wawancara bebas (non terstruktur). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan induksi analitik. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 PAI di SD negeri 137984 Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai telah terlaksanakan dengan baik karena telah mengikuti struktur kurikulum yang telah ditentukan namun masih banyak kelemahan karena kurangnya minat guru dalam menggunakan media pembelajaran, dan Kurikulum 2013 di SD negeri 133888 Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai Mapel PAI pada SK terimplementasi baik sesuai Permendikbud No. 20,21, 22, 23 dan 24 Tahun 2016, acuan utamanya kurikulum 2013 adalah Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Kompetensi Inti sebagai organising element. Faktor kesulitan dan hambatan yang dihadapi adalah dalam memberikan penilaian, penunjang media dalam penerapannya, waktu, penyusunan RPP dengan benar, siswa kesulitan menguasai materi. Cara yang dilakukan pihak sekolah melengkapi sarana dan prasarana penunjang, selalu mengirim guru dalam pelatihan-pelatihan dan workshop, membuat penyederhanaan materi pelajaran melalui KKG dan BKG, memberikan jam tambahan dan konsultasi akademik terhadap siswa da memberikan penugasan penguatan dan penyuluhan kepada siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 01:36 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 01:36 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8286 |
Actions (login required)
View Item |