Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Perumahan Setia Kota Melati Tembung)

Rahmadani, Rahmadan (2019) Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Perumahan Setia Kota Melati Tembung). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Other (pdf)
SKRIPSI_RAHMADANI_NIM__5315.PDF

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Era modren seperti ini, Perbankan telah menjadi sarana yang sangat vital bagi masyarakat di bidang keuangan. Perkembangan dan praktek ekonomi islam secara nasional maupun internasional semakin membumi. Perkembangan ekonomi islam di indonesia ditandai dengan pesatnya kajian dan publikasi mengenai prinsip-prinsip dan praktek-praktek ekonomi syariah. Bank syariah berlandaskan prinsip Islam dalam sistem operasional, dengan menerapkan basis bebas riba dan menggunakan bagi hasil untuk fee yang diterima. Berkembangnya atau tidaknya suatu lembaga perbankan ditentukan oleh perilaku konsumsi masyarakat. Karena perkembangan jaringan perbankan syariah akan tergantung pada besarnya minat masyarakat terhadap produk-produk perbankan. Hal ini yang menyebabkan Perkembangan Perbankan Syariah terus meningkat, baik dari segi jumlah kantor, nasabah, asset, dan lain sebagainya. Persaingan ketat antara Bank Syariah dan Bank Konvensional dalam merangsang minat masyarakat untuk menggunakan Bank Syariah. Untuk itu tujuan dilakukan penelitian ini untuk melihat apasaja faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam menggunakan Bank Syariah. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 71 responden dengan metode kuisioner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Untuk menganalisis penelitian ini penulis menggunakan sebuah alat untuk mengolah data menggunakan SPSS Versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah untuk menggunakan jasa dan produk dari Bank Syariah. Bahwa menunjukkan Faktor Syariah, berpengaruh signifikan terhadap Preferensi Nasabah pada Bank Syariah hal tersebut ditunjukkan dengan nilai thitung 13,311 dengan nilai signifikan sebesar (0.000 > 0.05). Faktor Fasilitas, berpengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah pada Bank Syariah hal tersebut ditunjukkan dengan nilai thitung 8,660 dengan nilai signifikan sebesar (0.000 > 0.05), Faktor Sosial, berpengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah pada Bank Syariah hal tersebut ditunjukkan dengan nilai thitung 8,826 dengan nilai signifikan sebesar (0.000 > 0.05), Faktor Produk, berpengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah pada bank syariah hal tersebut ditunjukkan dengan nilai thitung 15,184 dengan nilai signifikan sebesar (0.000 > 0.05), Faktor Lokasi, berpengaruh signifikan terhadap preferensi nasabah pada Bank Syariah hal tersebut ditunjukkan dengan nilai thitung 8,473 dengan nilai signifikan sebesar (0.000 > 0.05.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:51
Last Modified: 11 Feb 2020 08:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8256

Actions (login required)

View Item View Item