Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Sumut Syariah Kcp Marelan Raya Medan

Khairani, Erni (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Sumut Syariah Kcp Marelan Raya Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
RANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. Bank SUMUT Syariah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang kegiatan usahanya menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan jasa pengiriman uang, namun sistem kegiatannya berdasarkan hukum Islam sebagaimana yang telah diatur dalam Al-Qur’an dan Hadits. Sebagai penyedia jasa, perbankan syariah harus mampu memuaskan nasabah dan memberikan kualitas pelayanannya. Dengan kualitas pelayanan yang optimal, diharapkan pihak yang memberikan jasa perbankan akan mampu memenuhi kepuasan nasabahnya, mampu memenangkan persaingan yang pada akhirnya akan memperoleh laba yang maksimal. Kualitas pelayanan adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Hasil dari baiknya kualitas pelayanan merupakan hasil perbandingan antara harapan dan pelayanan secara nyata yang diterima nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank SUMUT Syariah KCP Marelan Raya Medan. Penelitian ini menggunakan enam variabel independen yaitu compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty, dan responsiveness dengan satu variabel dependen yaitu kepuasan nasabah. Setelah dilakukan tinjauan pustaka maupun lapangan dan penyusunan hipotesis, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 97 orang nasabah pada saat melakukan transaksi pada PT.Bank SUMUT Syariah KCP Marelan Raya Medan sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, dan teknik yang digunakan untuk menentukan sampel yaitu dengan menggunakan rumus Slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik normalitas kolmogorov smirnov, uji multikolinieritas uji heteroskedastisitas,uji regresi linier berganda,uji hipotesis uji determinan (R2), uji parsial (t) dan uji simultan (F). Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Dari penelitian terlihat bahwa variabel emphaty memiliki koefisien b negatif, berarti tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y, namun sebaliknya variabel compliance, assurance, reliability, tangible dan responsiveness memiliki koefisien b yang positif, berarti variabel bebas compliance, assurance, reliability, tangible dan responsiveness mempunyai pengaruh terhadap variabel Y.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 31 Jan 2020 06:56
Last Modified: 31 Jan 2020 06:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8160

Actions (login required)

View Item View Item