Pengaruh Kegiatan Mendongeng Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B Di TKIT Nurul ‘Ilmi Tahun Ajaran 2018/ 2019

Widiyani, Dewi Sri (2019) Pengaruh Kegiatan Mendongeng Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B Di TKIT Nurul ‘Ilmi Tahun Ajaran 2018/ 2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DEWI SRI WIDIYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kegiatan mendongeng dengan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B di TKIT Nurul ‘Ilmi, 2) pengaruh kegiatan mendongeng dengan gerakan guru terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B di TK IT Nurul ‘Ilmi, 3) perbedaan pengaruh kegiatan mendongeng dengan media boneka tangan dengan kegiatan mendongeng dengan gerakan guru terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B di TKIT Nurul ‘Ilmi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian Quasi Eksperimen design, menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah populasi adalah 40, yaitu 20 anak kelas sentra Cookingdan 20 anak kelas sentra Balok. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dengan jumlah sampel 20 anak kelas eksperimen dan 20 anak kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (menggunakan uji t). Hasil penelitian ini adalah 1) Adanya pengaruh kegiatan mendongeng dengan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B, yaitu dilihat dari nilai thitung = 12,0767 > ttabel = 2,10092, 2) adanya pengaruh kegiatan mendongeng dengan gerakan guru terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B, yaitu dilihat dari nilai thitung = 11,1305 > ttabel = 2,10092, 3) adanya perbedaan pengaruh kegiatan mendongeng dengan media boneka tangan dengan kegiatan mendongeng dengan gerakan guru terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B di TK IT Nurul ‘Ilmi, yaitu dilihat dari nilai thitung = 2,6223 > ttabel = 2,02439.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:00
Last Modified: 27 Jan 2020 03:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8107

Actions (login required)

View Item View Item