Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Sikap Kurangnya Interaksi Sosial Pada Siswa Di MAN 3 Medan

Rahman, Ade (2019) Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Sikap Kurangnya Interaksi Sosial Pada Siswa Di MAN 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADE RAHMAN.pdf

Download (891kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sesuai dengan rumusan masalah yang telah dibuat sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa peran guru BK terbukti telah mampu mengatasi sikap kurangnya interaksi sosial pada siswa di kelas MAN 3 Medan Patumbak. Hal ini terdapat dari sebagian pendapat siswa yang menyatakan bahwa bimbingan dan konseling yang mereka terima dari guru BK membawa dampak positif terhadap kemampuan berargumentasi siswa. Guru bimbingan dan konseling juga bekerja sama dengan guru bidang studi atau pihak personi sekolah yang ikut membantu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, adapun informan dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta studi dokumen. Pelaksanaan bimbingan dan konseling di MAN 3 Medan sudah berjalan dengan baik, karena semua personil guru BK saling bekerja sama dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling tentang tujuan dan manfaat bimbingan yang diberikan. Memberikan motivasi kepada peserta didik sehingga dapat membangun potensi diri terutama dalam pembelajaran. Tetapi layanan-layanan yang diberikan tidak semua dilaksanakan, hanya sebatasnya saja. Hal ini dikarenakan tidak tersedianya jam khusus bagi guru BK untuk masuk ke dalam kelas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:00
Last Modified: 27 Jan 2020 03:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8105

Actions (login required)

View Item View Item