Aktualisasi Nilai - Nilai Pendidikan Tasawuf Dan Relevansinya Dalam Kehidupan Santri Di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru Kabupaten Mandailing Natal

Suhaimi, Ahmad (2019) Aktualisasi Nilai - Nilai Pendidikan Tasawuf Dan Relevansinya Dalam Kehidupan Santri Di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS pdf.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana aktualisasi nilai-nilai pendidikan tasawuf dalam kehidupan santri di pondok pesantren Musthafawiyah Purbabaru Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi nilai-nilai pendidikan tasawuf dalam kehidupan santri dan relevansinya dalam kehidupan santri.secara metodologis penelitian ini adalah penelitian lapangan (empiris), dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, baik data primer maupun sekunder. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah langkah pemaparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa aktualisasi nilai-nilai pendidikan tasawuf di pondok pesantren Musthafawiyah Purba Baru dilaksanakan diluar jam pelajaran yang ada, namun diterapkan pada pembelajaran khusus, hal ini menunjukkan bahwa tasawuf bukan lagi menunjukkan pelajaran wajib dilingkungan pesantren sebagaimana dulunya. Akibatnya dalam aktualisasi nilai-nilai pendidikan tasawuf kurang berkembang secara maksimal, hal ini juga disebabkan oleh kurangnya keteladanan dari pada guru yang ada dilingkungan pesantren. Kehidupan santri di pondok pesantren belum sepenuhnya menunjukkan nilai-nilai pendidikan tasawuf, hal ini terlihat dari pola hidup dan akhlaq santri dilingkungan pesantren, mulai dari rendahnya sifat sabar, kurangnya keikhlasan dalam berbuat, belum mampu hidup zuhud, terkikisnya sifat wara' dan qona'ah, hal ini disebabkan kurangnya pembinaan dan pengawasan serta ketela dan dari guru. Dan arus globalisasi serta perkembangan zaman dan pembelajaranhanya sebatas teori.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:59
Last Modified: 27 Jan 2020 02:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8091

Actions (login required)

View Item View Item