Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Hifzhil Qur’an Islamic Centre Medan

Yanti, Novrida (2019) Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Hifzhil Qur’an Islamic Centre Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
NOFRIDAYANTI 37151003 burning.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, pengawasan sarana dan prasarana dalam meningkatan Prestasi Belajar Siswa di MTs Hifzhil Quran Islamic Centre Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan pendekatan Fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi lapangan dan studi dokumentasi. Ada empat informan yaitu kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, guru dan siswa. Data dianalisis melalui model Milles dan Huberman reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data penelitian digunakan Kredibilitas dengan melakukan triangulasi , keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Temuan penelitian ini menunjukan tentang pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Hifzhil Quran Islamic Centre Medan. Kegiatan manajemen tersebut dilakukan melalui 5 tahap. Yaitu Perencanaan sarana dan prasarana berdasarkan analisis dan jumlah sisiwa, Pengadaan sarana dan prasarana dengan cara membeli dengan dana atau anggaran yang telah ditetapkan, Penggunaan sarana dan prasarana memiliki aturan dan jadwal dalam penggunaan sarana dan prasarana yang tersedia, Pemeliharaan dilakukan oleh semua warga sekolah baik petugas khusus, kepala sekolah, guru, dan murid-murid yang lain bertanggung jawab untuk memelihara dan menjaga sarana dan prasarana yang tersedia, Pengawasan ditanggungjawabi oleh kepala bidang sarana dan prasarana. Pengawasan dilakukan agar mengetahui keadaan sarana dan prasarana apakah masih layak digunakan atau tidak. Dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa maka perlu manajemen sarana dan prasarana yang baik dalam perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan dan pengawasan sarana dan prasarana.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 16 Jan 2020 06:41
Last Modified: 16 Jan 2020 06:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8048

Actions (login required)

View Item View Item