Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Simalungun

Nurhayati, Nurhayati (2019) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Simalungun. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tesis nurhayati-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunaakan adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 5 kelas. Teknik penentuan sampel digunakan cluster random sampling. Teknik ini dipilih karena yang disampling dari populasi adalah jumlah kelas (sebanyak 5 kelas) bukan jumlah siswa dalam populasi. kelas strategi pembelajaran kooperatif STAD adalah kelas VIII1 dengan jumlah 36 siswa dan Kelas VIII3 sebagai kelas pembelajaran ekspositori dengan jumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data adlaah tes hasil belajar dan angket. teknik analisis data adalah analisis varians yang diuji pada α = 0,05. Temuan Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif STAD = 28 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori = 26,95, dengan Fhitung = 27,44 > Ftabel = 3,98, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan aktivitas belajar tinggi = 29,61 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan aktivitas belajar rendah = 26,07 dengan Fhitung = 6,17 > Ftabel = 3,98, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar PKn dengan Fhitung = 18,27 > Ftabel = 3,98. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa dengan karakteristik aktivitas belajar tinggi adalah strategi pembelajaran kooperatif STAD sedangkan siswa dengan aktivitas belajar rendah, strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik aktivitas belajar.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Jan 2020 08:01
Last Modified: 07 Jan 2020 08:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8009

Actions (login required)

View Item View Item