Matondang, Achmad Fauzi (2019) Efektivitas Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Internal Locus Of Control Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara Dalam membantu siswa untuk meningkatkan dan mengembangkan konsep diri yang cenderung masih negatif tersebut, upaya yang telah dilaksanakan oleh pihak sekolah melalui peran guru BK, antara lain telah dilaksanakan kegiatan konseling individu dan pengadaan kegiatan layanan bimbingan kelompok, akan tetapi dari berbagai upaya tersebut kurang mendapatkan hasil yang optimal, karena kegiatan tersebut belum bisa dilaksanakan secara intensif oleh guru pembimbing. Di samping itu siswa juga masih banyak beranggapan bahwa guru pembimbing merupakan figur yang menakutkan, sehingga ketika siswa dipanggil untuk kegiatan konseling, mereka datang dengan sudah membawa perasaan takut terlebih dahulu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas untuk mengetahui akibat tindakan berupa layanan yang diterapkan pada suatu subyek penelitian di kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling yaitu meningkatkan internal locus of control siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Unggul.1 MTsN 2 Medan.Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok efektif dalam membantu meningkatkan internal locus of control siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 02:58 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 02:58 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7985 |
Actions (login required)
View Item |