Rajab, Rajab (2018) Implementasi Program Shalat Dhuha Dan Shalat Zuhur Berjamaah Dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Pada Sekolah SD Al Hira Permata Nadiah Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
bg rajab.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi pada masa sekarang yaitu adanya kemerosotan akhlak, akhlak bukanlah suatu pelajaran yang dapat dicapai dengan mempelajari saja, tanpa melakukan pembiasaan sejak kecil. Akhlak itu tumbuh dari tindakan kepada pengertian, bukan sebaliknya. Hal tersebut sangat berpengaruh bagi pembentukan pribadi anak karena pengalaman di masa anak-anak sangat berkesan bagi jiwa anak-anak yang pada akhirnya akan dibiasakan ketika anak sudah menginjak dewasa. Pendidikan akhlak di sekolah pada anak di tingkat Sekolah Dasar masih bersifat konvensional. Umumnya guru hanya memberikan pendidikan akhlak secara teoritis, tanpa adanya penerapan secara nyata pada kehidupan sehari-hari sebagai sebuah rutinitas. Hal tersebut kurang efektif bagi pendidikan akhlak siswa tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program shalat dhuha dan shalat zuhur berjamaah dalam pembentukan akhlak siswa, dan dampak yang di timbulkannya serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak siswa di sekolah Al Hira Permata Nadiah Medan Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah model analisis Interaktif. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Al Hira Permata Nadiah Medan. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui program pembiasaan shalat dhuha dan shalat zuhur berjamaah siswa cukup mampu menerapkan rasa syukur mereka atas segala nikmat Allah SWT baik melalui ucapan maupun perbuatan. adab kesopanan terhadap setiap orang, terutama orang tua dan guru, baik berupa perkataan maupun perbuatan. Siswa dapat mengontrol emosi atau amarah, selain itu pikiran dan hati juga menjadi lebih tenang, sehingga akan memperlancar proses belajar mengajar
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Triana Santi |
Date Deposited: | 02 Jan 2020 08:24 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 02:45 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7959 |
Actions (login required)
View Item |