Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Komunikasi Antarpribadi Siswa Kelas X di SMA IT Daar Al Ulum Kisaran.

Andriani, Fifin (2019) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Komunikasi Antarpribadi Siswa Kelas X di SMA IT Daar Al Ulum Kisaran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi antarpribadi merupakan komunikasi antarperorangan dan bersifat pribadi baik yang terjadi secara langsung atau tidak langsung. Sedangkan layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang memungkinkan peserta didik untuk bersama-sama mengemukakan pendapat tentang sesuatu dan membicarakan topik-topik penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kemampuan komunikasi antarpribadi siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental design bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah10 siswa kelas X di SMA IT Daar Al Ulum Kisaran yang diperoleh dari skor keterampilan komunikasi antarpribadi yang berada dalam kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi antarpribadi siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji paired sample T test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000. Hal tersebut menunjukkan jika (2-tailed) 0,000 < dari 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak atau layanan bimbingan kelompok memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikadi antarpruibadi siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarpribadi, Layanan Bimbingan Kelompok.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:24
Last Modified: 02 Jan 2020 08:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7957

Actions (login required)

View Item View Item