Peranan Audit Internal Dalam Menunjang Efektivitas Penjualan Pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) Cabang Medan

Nisrayani, Nisrayani (2019) Peranan Audit Internal Dalam Menunjang Efektivitas Penjualan Pada PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) Cabang Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Nisrayani NIM 52153031 PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sektor perdagangan tak lepas dari siklus penjualan. Siklus penjualan merupakan salah satu kegiatan penting perusahaan karena dalam penjualan ini menghasilkan aliran pendapatan yang digunakan untuk menutupi biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan. Oleh karena itu perusahaan perlu mengefektifkan penjualannya. Salah satu pihak yang berperan dalam keefektipan suatu penjualan yaitu audit internal. Karena audit internal dapat membantu manajemen dalam menentukan sebuah keputusan dan memantau kegiatan managemen agar berjalan dengan efektif. Oleh karena itu, peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian di PT. Perusahaan Perdagangan indonesia (Persero) Cabang Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan audit internal dalam menunjang efektivitas penjualan. Serta mengetahui penjualan pada PT. Perusahaan Perdagangan indonesia (Persero) Cabang Medan telah dilaksanakan secara efektif sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Dan metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif, serta pengukuran data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan rumus Dean J. Champion. Berdasarkan hasil penelitian, persentase yang diperoleh, yang mana audit internal cukup berperan dalam menunjang efektivitas penjualan pada PT. Perusahaan Perdagangan indonesia (Persero) cabang Medan. Ini dapat dilihat dari hasil perhitungan wawancara yang dilakukan peneliti yang mencapai 54%. Sisa 46% audit internal tidak selalu menjalankan peranannya secara rutin. Seperti Audit internal tidak melaksanakan audit ketaatan, audit internal tidak melakukan verifikasi atas semua dokumen yang berhubungan dengan penjualan, audit internal tidak mengevaluasi sistem penjualan secara periodik. Dan penjualan yang dilakukan oleh PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) Cabang Medan sudah cukup efektif, Dimana rata-rata hasil perhitungan dari pelaksanaan proses panjualan yang di lakukan mencapai 70% dari setiap penjaulan yang dilakukan. yaitu organisai fungsi penjualan mencapai 70%, penjualan kredit mencapai 70%, penjualan tunai mencapai 70%, penjualan ekspor mencapai 60% dan lain hal dengan pengiriman barang yang hanya mencapai mencapai 40%, ini terjadi karena sumber daya manusiaanya tidak menjalankan prosedur dengan semestinya, sehingga terjadi permasalahan pada beberapa bagian alur pengiriman dan beberapa permasalahan pada bagian penjualan lainnya yang disebabkan oleh kelalaian manajemen penjualan itu sendiri.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 31 Dec 2019 02:55
Last Modified: 31 Dec 2019 02:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7926

Actions (login required)

View Item View Item