Integrasi Keilmuan Pada Perguruan Tinggi Islam Di Kota Medan.

Simamora, Nur Aisah (2016) Integrasi Keilmuan Pada Perguruan Tinggi Islam Di Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
INTEGRASI KEILMUAN PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM DI KOTA MEDAN OLEH NUR AISAH SIMAMORA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Integrasi keilmuan adalah pola pendidikan dan pengajaran yang holistik sehingga menimbulkan kesadaran dalam diri si pencari ilmu akan keterkaitan antara ilmu pengetahuan dengan ketuhanan, keberagamaan, kebermoralan, kemanusiaan, dan peran manusia sebagai khalifah di muka bumi, serta tujuan yang dirancang Tuhan dari penciptaannya, di mana hal ini sangat menentukan maju mundurnya suatu umat atau suatu bangsa. Kota Medan merupakan kota metropolitan di mana geliat keilmuan, khusus universitas Islam dan sekolah tinggi Islam sudah banyak didirikan dan berperan dalam mencerdaskan masyarakat muslim. Penelitian ini berangkat dari asumsi telah adanya upaya atau pemikiran untuk mengintegrasikan keilmuan dalam rancangan dan pemikiran para pendiri universitas Islam tersebut, meskipun berbeda konsep dan tingkatannya. Jadi, penelitian ini ingin mengetahui secara teoritis bagaimana sejarah dan perkembangan integrasi keilmuan sepanjang sejarah peradaban Islam, dan sudah sampai di mana upaya-upaya yang diterapkan oleh para pengelola perguruan tinggi Islam di kota Medan? Adapun hasil yang Peneliti temukan menunjukkan bahwa semua universitas Islam maupun sekolah tinggi Islam telah melakukan upaya-upaya integrasi keilmuan dengan bentuk dan tingkatan yang berbeda-beda. UIN SU, misalnya, Peneliti menemukan bahwa upaya-upaya integrasi yang telah diterapkan di sana terletak pada bangunan filsafat ilmu atau epistemology keilmuannya, penyelenggaraan seminar dan workshop tentang integrasi keilmuan di kalangan dosen dan pegawai administrasi, pembenahan kontens dari mata kuliah dengan prinsip-prinsip ajaran Islam, studi banding ke universitas Islam yang telah menerapkan sebuah model integrasi. Begitu juga dengan STAI al-Hikmah dan STAI Sumatera, keduanya mengikut pola yang telah diterapkan UIN SU, di samping berbagai upaya integrasi lainnya yang bersifat internal. Adapun UMSU, UISU, UNIVA, dan UNPAB memiliki upaya integrasi yang sama dalam bentuk pengadaan mata kuliah khusus tentang nilai-nilai ajaran Islam yang diajarkan lintas fakultas dan jurusan, yang dengan ini diharapkan akan terwujud integrasi keilmuan, yang sekaligus juga menjadi mata kuliah karakteristik universitas tersebut. Selain itu, UMSU misalnya, memiliki upaya integrasi antara yang telah diajarkan dengan pengamalan teorinya berupa kegiatan mabit atau mengkarantinakan seluruh mahasiswa baru di suatu tempat secara bergelombang di suatu lokasi selama dua hari satu malam, untuk mendapatkan pembinaan akal dan mental yang islami. Di UNPAB, upaya yang khas mereka lakukan adalah dengan tasawuf amaliy setelah sebelumnya dalam tasawuf irfani atau teoritisi diajarkan pada mata kuliah metafisika. Bahkan, dalam sidang akhir seorang mahasiswa UNPAB, salah seorang pengujinya harus menguji sisi metafisis dari bidang ilmu yang ditulisnya. Hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa setiap mahasiswa telah menyadari akan hidden unsur di balik setiap cabang ilmu. Adapun UISU dan UNIVA, mereka melakukan upaya integrasi melalui workhop implementasi integrasi sains dan nilai keislaman berbasis KKNI dalam kurikulum UNIVA dan UISU.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.38 Pendidikan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, akademi)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 27 Dec 2019 08:45
Last Modified: 27 Dec 2019 08:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7856

Actions (login required)

View Item View Item