Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa MTs Negeri I Simalungun

Siregar, Erni Hanim (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa MTs Negeri I Simalungun. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS LENGKAP ERNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan strategi pembelajaran yang tepat menjadi pilihan bila menginginkan pembelajaran menjadi efektif dan efisien, yang bermuara pada pencapaian hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskprisikan: (1) hasil belajar Fikih siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran generatif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar Fikih antara siswa dengan latar belakang penddidikan MI lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan latar belakang penddidikan SD, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan latar belakang penddidikan MI terhadap hasil belajar Fikih. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Simalungun terdiri dari 5 kelas. Berdasarkan teknik Cluster Random sampling, satu kelas sebagai kelas pembelajaran generatif dan satu kelas pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian adalah tes yang digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar dan untuk mengetahui latar belakang pendidikan siswa. Uji normalitas data hasil belajar adalah uji Liliefors dan tes homogenitas adalah uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada signifikansi  = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran generatif = 28,12 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori = 27,00, dengan Fhitung = 113,96 > Ftabel = 3,984, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan latar belakang penddidikan MI = 29,61 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan kemandirian belajar rendah = 25,93, dengan Fhitung = 7,66 > Ftabel = 3,984, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan latar belakang pendidikan terhadap hasil belajar Fikih dengan Fhitung = 35,48 > Ftabel = 3,984.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Dec 2019 08:44
Last Modified: 27 Dec 2019 08:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7834

Actions (login required)

View Item View Item