Hubungan Konsep Diri Dan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Tebing Tinggi

Zahara, Siti (2019) Hubungan Konsep Diri Dan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Tebing Tinggi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS LENGKAP SITI ZAHARA.pdf

Download (836kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) hubungan antara konsep diri dengan kinerja guru MIN Kota Tebing Tinggi, (2) hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja guru MIN Kota Tebing Tinggi, dan (3) hubungan antara konsep diri dan kepuasan kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru Min Kota Tebing. Populasi penelitian adalah seluruh guru MIN Kota Tebing Tinggi yang terdiri dari MIN 1 Kota Tebing Tinggi dan MIN 2 Kota Tebing Tinggi yang berjumlah 60. Oleh karena jumlah populasi tidak terlalu besar maka keseluruhan 60 guru dijadikan sampel penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian adalah angket dengan modell skala Likert. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, linearitas, dan independensi antar variabel bebas. Teknik analisis data digunakan korelasi dan regresi sederhana dan korelasi dan regresi ganda pada taraf signifikansi  = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan terdapat: (1) hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kinerja guru diperoleh angka korelasi sebesar 0,540 dan koefisien determinannya sebesar 0,291 dengan persamaan garis regresinya Ŷ= 42,71 + 0,54X1 (2) hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja guru dengan angka korelasi sebesar 0,570 dan koefisien determinannya sebesar 0,324 dengan persamaan garis regresinya Ŷ= 25,79 + 0,51X2 (3) hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kepuasan kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan angka korelasi sebesar 0,755 dan koefisien determinannya sebesar 0,570 dengan persamaan garis regresinya Ŷ= 3,37 + 0,506X1 + 0,484X2. Di samping itu juga ditemukan sumbangan relatif dari variabel konsep diri terhadap kinerja guru sebesar 47,3% dan sumbangan relatif dari variabel kepuasan kerja terhadap kinerja guru sebesar 52,7%. Sedangkan sumbangan efektif dari variabel konsep diri terhadap variabel kinerja guru sebesar 28,7% dan sumbangan efektif dari variabel kepuasan kerja terhadap variabel kinerja guru sebesar 32%.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Dec 2019 08:43
Last Modified: 27 Dec 2019 08:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7827

Actions (login required)

View Item View Item