Hubungan Pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Simalungun

Saragih, Sumiyati Lince (2019) Hubungan Pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Simalungun. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS LENGKAP SUMIYATI.pdf

Download (919kB) | Preview

Abstract

Kajian terhadap peningkatan kinerja guru menjadi penting dan menjadi sebuah keniscayaan. Terlebih-lebih dengan berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, maka seorang guru dituntut untuk mampu mengadaptasikan dirinya supaya ilmu dan keterampilan yang diberikan kepada siswa tidak ketinggalan oleh perkembangan ilmu itu sendiri. Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) hubungan antara pemberdayaan musyawarah guru mata pelajaran dengan kinerja guru, (2) hubungan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guruTualang, dan (3) hubungan antara pemberdayaan musyawarah guru mata pelajaran dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kinerja guru. Populasi penelitian adalah seluruh guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Simalungun berjumlah 54 guru. Keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian untuk variabel pemberdayaan musyawarah guru mata pelajaran dan motivasi berprestasi adalah angket dengan model skala Likert, sedangkan kinerja guru digunakan APKG I dan APKG II.. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, linearitas, dan independensi antar variabel bebas. Teknik analisis data digunakan korelasi dan regresi dan korelasi sederhana dan regresi dan korelasi ganda pada taraf signifikansi  = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemberdayaan MGMP dengan kinerja guru. Artinya semakin tinggi dan positif pemberdayaan MGMP maka semakin tinggi dan positif pula kinerja guru dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 13,82%. Hal ini dapat diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel pemberdayaan MGMP sebesar 13,82% dapat diprediksi dalam meningkatkan kinerja guru, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru. Artinya semakin tinggi dan positif motivasi berprestasi maka semakin tinggi dan positif pula kinerja guru dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 8,74%. Hal ini dapat diartikan bahwa variasi yang terjadi pada motivasi berprestasi sebesar 8,74% dapat diprediksi dalam meningkatkan kinerja guru, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara pemberdayaan MGMP dan motivasi berprestasi dengan kinerja guru. Artinya semakin tinggi dan positif pemberdayaan MGMP dan motivasi berprestasi maka semakin tinggi dan positif pula kinerja guru dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 22,60%. Hal ini bermakna bahwa 22,60% dari variasi yang terjadi pada kinerja guru dapat diprediksi oleh kedua variabel bebas tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Dec 2019 03:13
Last Modified: 27 Dec 2019 03:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7825

Actions (login required)

View Item View Item