Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Di Kelas VIII 3 MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung

Harahap, Latifah Marhamah (2018) Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Di Kelas VIII 3 MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LATIFAH MARHAMAH HARAHAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan kurangnya kemampuan representasi matematis pada peserta didik kelas VIII MTs Al-Washliyah Tembung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis peserta didik MTs Al-Washliyah Tembung di kelas VIII 3 dalam menyelesaikan soal materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan secara mendalam terhadap kemampuan representasi peserta didik dalam penyelesaian soal cerita pada materi SPLDV. Dalam penelitian ini diambil 6 subyek sebagai subyek wawancara yang merupakan perwakilan dari 3 kelompok, yaitu kelompok atas, kelompok tengah, dan kelompok bawah yang ditentukan berdasarkan hasil tes. Kriteria dari subyek wawancara yaitu subyek yang dapat mewakili jawaban dari setiap kelompoknya dan dapat mengkomunikasikan dengan baik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dokumentasi, dan wawancara terhadap peseta didik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kemampuan representasi visual skor S1 0%, S2 0%, S3 50%, S4 37,50%, S5 87,50% dan S6 50%. Untuk kemampuan representasi ekspresi matematis skor S1 0%, S2 37,50%, S3 25%, S4 25%, S5 37,50% dan S6 62,50%. Sedangkan kemampuan representasi verbal skor S1 25%, S2 0%, S3 37,50%, S4 62,50%, S5 62,50% dan S6 100%. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa ada peserta didik yang kurang mampu membuat representasi visual sesuai dengan informasi dalam soal, kurang memahami dalam menjawab soal kemampuan representasi ekspresi. Juga masih kesulitan dalam menuliskan representasi verbal dan menjelaskannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Dec 2019 07:18
Last Modified: 20 Dec 2019 07:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7795

Actions (login required)

View Item View Item