Pola Komunikasi Komunitas Binjai Sedekah Bersama Dalam Mengajak Masyarakat Gemar Bersedekah Di Binjai

Ali, Hisyam (2019) Pola Komunikasi Komunitas Binjai Sedekah Bersama Dalam Mengajak Masyarakat Gemar Bersedekah Di Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
HISYAM SKRIPSI PDF.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pola komunikasi komunitas Binjai Sedekah Bersama dalam mengajak masyarakat gemar bersedekah di Binjai. Untuk mengetahui pendekatan BSB dalam mengajak masyarakat gemar bersedekah di Binjai, serta mngetahui keberhasilan dan hambatan komunikasi BSB dalam mengajak masyarakat gemar bersedekah di Binjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena peneliti menjelaskan fenomena yang terjadi di lapangan dengan cara mengumpulkan data-data yang diperoleh dari informan penelitian. Penelitian ini dilakukan di Masjid Agung Binjai di jalan Soekarno-Hatta, Timbang Langkat, Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara. Yang menjadi titik fokus dalam penelitian ini adalah pola komunikasi komunitas BSB dalam mengajak masyarakat gemar bersedekah di Binjai. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi yang digunakan ialah pola komunikasi Y dimana disaat ketua ingin menyampaikaninformasi kepada anggota, maka informasi yang disampaikan harus melalui ketua divisi yang sudah ditentukan, setelah itu informasi akan di diskusikan kembali dan setelah itu akan disampaikan kepada anggota melalui grup Whatsapp. Selain itu pendekatan yang dilakukan oleh komunitas ini ialah pendekatan pendekatan hubungan pribadi, dimana melakukan pertukan atau penyampaian informasi secara langsung kepada masyarakat agar komunitas ini bisa langsung mendapatkan feedback dari masyarakat, akan hal itu dapat mempermudah mereka untuk mengetahui umpan balik dari masyarakat. Selain itu pendekatan yang digunakan ialah pendekatan ilmiah, dimana penggunaan pendekatan ini untuk meningkatkan produktivitas serta untuk memberikan organisasi penghematan waktu dalam menyelesaikan tugas yang spesifik, disini komunitas BSB menggunakan media sosial untuk mengemat waktu pada saat menyampaikan informasi kepada masyarakat, serta pemanfaatan media berguna untuk melakukan pendekatan kepada remaja yang ingin mengetahui tentang komunitas ini lebih dalam. Keberhasilan dalam komunitas BSB untuk mengajak masyarakat gemar bersedekah terlihat dalam pembagian paket sembako untuk kaum dhuafa bisa melebihi target dikarenakan banyak masyarakat yang sudh mulai sadar untuk gemar bersedekah, sehingga banyak masyarakat ikut membantu komunitas ini dengan cara memberikan sedekah mereka melalui komunitas BSB. Selain itu keberhasilan lainnya ialah banyak remaja yang ingin bergabung dalam komunitas ini. Dan adapun hambatan yang didapat ialah penggunaan bahasa, dikarenakan komunitas ini banyak berkomunikasi melalui grup Whatsapp setidaknya akan menimbulkan sedikit perbedaan perspektif, selain itu yang menjadi hambatan ialah masalah tempat dan tidak adanya donatur tetap dalam membantu keperluan komunitas BSB.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Dec 2019 00:56
Last Modified: 20 Dec 2019 00:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7767

Actions (login required)

View Item View Item