Pengaruh Mengikuti Pelatihan Dan Supervisi Akademik Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Madrasah Aliyah Swasta Sekecamatan Silang Kitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Sukatimin, Sukatimin (2019) Pengaruh Mengikuti Pelatihan Dan Supervisi Akademik Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Madrasah Aliyah Swasta Sekecamatan Silang Kitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS SUKATMIN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru memegang peranan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan secara umum dan mutu pembelajaran secara khusus. Oleh karena itu perhatian terhadap peningkatan kinerja guru menjadi penting dan menjadi sebuah keniscayaan. Terlebih-lebih dengan berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, maka seorang guru dituntut untuk mampu mengadaptasikan dirinya supaya ilmu dan keterampilan yang diberikan kepada siswa tidak ketinggalan oleh perkembangan ilmu itu sendiri. Jadi intinya guru selalu meningkatkan kompetensi dirinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) pengaruh mengikuti pelatihan terhadap peningkatan kinerja guru MAS Se-Kecamatan Silang Kitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan, (2) pengaruh supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru MAS Se-Kecamatan Silang Kitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dan (3) pengaruh mengikuti pelatihan dan supervisi akademik secara bersama-sama terhadap peningkatan kinerja guru MAS Se-Kecamatan Silang Kitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan Populasi penelitian adalah seluruh guru MAS Se-Kecamatan Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan terdiri dengan jumlah 72 guru. Keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian untuk variabel pelatihan dan supervisi akademik adalah angket dengan model skala Likert, sedangkan kinerja guru digunakan APKG I dan APKG II.. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, linearitas, dan independensi antar variabel bebas. Teknik analisis data digunakan korelasi dan regresi dan korelasi sederhana dan regresi dan korelasi ganda pada taraf signifikansi  = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelatihan dengan kinerja guru. Artinya semakin tinggi dan positif pelatihan maka semakin tinggi dan positif pula kinerja guru dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 20,00% dengan persamaan garis regresi Ŷ = 68,96 + 0,28X1 (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara supervisi akademik dengan kinerja guru. Artinya semakin tinggi dan positif supervisi akademik maka semakin tinggi dan positif pula kinerja guru dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 9,90% dengan persamaan garis regresi Ŷ = 71,60 + 0,23X2 dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara supervisi akademik dan pelatihan dengan kinerja guru. Artinya semakin tinggi dan positif supervisi akademik dan kinerja guru maka semakin tinggi dan positif pula kinerja guru dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 30,20% dengan dengan garis linearitas Ŷ = 28,44 + 0,25X1 + 0,18X2.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:07
Last Modified: 18 Dec 2019 02:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7727

Actions (login required)

View Item View Item