Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal (RA) Ash-Shobirin Lingkungan III Medan Labuhan Tahun Ajaran 2018/ 2019

Maulida, Lyzahratan (2019) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal (RA) Ash-Shobirin Lingkungan III Medan Labuhan Tahun Ajaran 2018/ 2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap kemandirian anak usia dini 5-6 tahun di RA Ash-Shobirin Lingkungan III Medan Labuhan, (2) mengetahui pengaruh metode pembiasaan terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di RA Ash-Shobirin Lingkungan III Medan Labuhan, (3) mengetahui perbedaan pengaruh metode demonstrasi dengan pengaruh metode pembiasaan terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di RA Ash-Shobirin Lingkungan III Medan Labuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Design dengan tipe non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 64 anak. Sampel penelitian ini berjumlah 30 anak dibagi 2 kelas yaitu 15 anak. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel keseluruhan. Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumentasi, studi dokumentasi, dan teknik analisis data, menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (menggunakan uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara metode demonstrasi terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kemandirian anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan yaitu 5,0 menjadi 12,6. Hal ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis: (1) Ada pengaruh metode demonstrasi terhadap kemandirian anak usia dini 5-6 tahun di RA Ash-Shobirin Lingkungan III Medan Labuhan dimana thitung > ttabel yaitu 11,272 > 2,160 (2) Tidak ada pengaruh metode pembiasaan terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di RA Ash-Shobirin Lingkungan III Medan Labuhan dimana thitung < ttabel yaitu 0,3300 < 2,160, (3) Ada perbedaan pengaruh metode demonstrasi dengan metode pembiasaan terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di RA Ash-Shobirin Lingkungan III Medan Labuhan dimana thitung > ttabel yaitu 10,8571 > 2,048.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:02
Last Modified: 18 Dec 2019 02:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7696

Actions (login required)

View Item View Item