Nasution, Nurramidah (2018) Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Sekolah Di SMP Negeri 16 Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
tesis lengkap nuramidah.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Lingkungan merupakan anugrah bersar yang diberikan Allah SWT kepada manusia sebagai khalifah fi al-ardh. Oleh karena itu, manusia harus dapat melestarikan lingkungan dengan sebaik-baiknya. Rumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran yang dilakkan guru PAI di SMP negeri 16 Medan? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis lingkungan sekolah yang dilaksanakan di SMP Negeri 16 Medan? 3) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI berbasis lingkungan skeolah di SMP Negeri 16 Medan? 4) Apa perubahan positif pada lingkungan sekolah setelah pelaksanaan pemeblajaran PAI berbasis lingkungan skeolah di SMP Negri 16 Medan? Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan secara alamiah dengan memanfaatkan peneliti sebagai instrument penelitian. Subjek penelitian ini adlah guru PAI, kepala sekolah, dan siswa SMP Negeri 16 Medan. Data diambil melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dinanalisis berdasarkan reduksi data, penyajian data, dan penrikan kesimpulan. Hasil penelitin ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI sesuai dengan standar kurikulum. Guru PAI menyusun rencana pembelajaran berdasarkan visi dan misi sekolah, standar kompetensi, dan juga disusun berdasarkan pola pembelajaran yang menarik dan inovatif. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang berlangusng menarik dan menyenangkan. siswa menunjukkan sikap antusias terhadap pembelajaran PAI yang dilaksanakan oleh guru. 3) Hasil belajar siswa meningkat setelah selesai pembelajaran PAI, dimana siswa dapat mengerjakan PR yang diberikan guru, UTS yang diberikan guru, dan UAS. Dimana siswa memperoleh nilai di atas KKM. 3) Peribahan yang terjadi di SMP Negeri 16 Medan adalah peribahan positif, dimana lingkungan sekolah menjadi lebih bersih dan rapi. Aktivitas warga sekolah menjadi lebih positif, dan senang dalam melestarikan lingkungan, hemat menggunakan air, dan memanfaatkan sumber daya dalam membuat lingkungan semakin indah.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 13 Dec 2019 02:51 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 02:51 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7676 |
Actions (login required)
View Item |