Penerapan Penilaian Autentik Dalam Penilaian Aspek Sikap Bidang Studi PAI Di MTs Negeri 2 Medan

Berampu, Jainuri (2016) Penerapan Penilaian Autentik Dalam Penilaian Aspek Sikap Bidang Studi PAI Di MTs Negeri 2 Medan. Skripsi thesis, Universitas islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text (pdf)
JAINURI BERAMPU.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini bertujuan; (1) Untuk mengetahui pemahaman guru tentang penilaian autentik dalam penilaian aspek sikap pada Kurikulum 2013 bidang studi PAI di MTs Negeri 2 Medan. (2) Untuk mengetahui penerapan penilaian autentik dalam penilaian aspek sikap bidang studi PAI di MTs Negeri 2 Medan. (3) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam penerapan penilaian autentik dalam penilaian aspek sikap pada Kurikulum 2013 bidang studi PAI di MTs Negeri 2 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang diamati sehingga dalam hal ini peneliti berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Dari hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa pemahaman guru tentang penilaian autentik dalam penilaian aspek sikap pada bidang studi PAI ini sudah cukup baik, hal ini dapat diketahui bahwa kepala madrasah dan para guru sudah mengetahui tentang kurikulum 2013 yang menggunakan penilaian autentik. Kemudian para guru juga sering diberikan pelatihan pelatihan kepada guru dengan mengadakan sosialisasi, bimtek (bimbingan teknis), pelatihan-pelatihan, pelatihan bimbingan mental, pelatihan k13. Kemudian penerapan penilaian autentik dalam penilaian aspek sikap bidang studi PAI di MTs N 2 Medan sudah diterapkan dengan baik, hal itu di buktikan dengan penilaian aspek sikap yang dilakukan guru, guru ketika proses pembelajaran memberikan badge nama tapi isinya urutan absen mereka masing-masing yang bertujuan untuk mempermudah guru untuk menilai sikap siswa selama di kelas. Adapun Hambatan yang dihadapi guru dalam penerapan penilaian autentik dalam penilaian aspek sikap pada Kurikulum 2013 bidang studi PAI di MTs N 2 Medan yaitu, buku kurikulum 2013 belum di bagikan secara merata di sekolah, guru kurang mahir dalam pembuatan RPP, masih ada guru yang tidak mengerti tentang penilaian autentik dan banyak nya instrumen penilaian yang harus di nilai oleh guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 12 Dec 2019 07:00
Last Modified: 12 Dec 2019 07:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7633

Actions (login required)

View Item View Item