Efektivitas Komunikasi Lembaga Aksi Cepat Tanggap (Act) Kantor Cabang Medan Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Masyarakat Muslim Kota Medan Melalui Media Sosial

Faramitha, Sari (2019) Efektivitas Komunikasi Lembaga Aksi Cepat Tanggap (Act) Kantor Cabang Medan Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Masyarakat Muslim Kota Medan Melalui Media Sosial. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI SARI FARAMITHA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk proses penggunaan media sosial lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) kantor cabang Medan dalam meningkatkan kepedulian sosial masyarakat muslim kota Medan, mengetahui efektivitas komunikasi lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) kantor cabang Medan dalam meningkatkan kepedulian sosial masyarakat muslim kota medan melalui media sosial, mengetahui hasil yang diperoleh lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) kantor cabang Medan dalam meningkatkan kepedulian sosial masyarakat muslim kota Medan melalui media sosial, mengetahui apa saja hambatan yang dialami lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) kantor cabang Medan dalam meningkatkan kepedulian sosial masyarakat muslim kota Medan melalui media sosial. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, karena penelitian menjelaskan fenomena yang terjadi dengan cara mengumpulkan data-data yang diperoleh dari informan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pertama, wawancara mendalam (indept interview). Melakukan wawancara langsung dengan informan, dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara pewawancara dengan informan penelitian. Kedua, dokumentasi. Sumber penelitian menggunakan teknik dokumentasi di peroleh dari website www.act. id, Instagram @act_sumut, Facebook @Act Sumut dan whatsapp. Ketiga, observasi. Yaitu melakukan pengamatan langsung terhadap media sosial ACT melalui smartphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penggunaan media sosial dimulai dari pembuatan narasi oleh tim Marketing Communication dan relawan, selanjutnya penambahan foto dan video yang sesuai dengan narasi yang telah dibuat, dan dilanjutkan dengan proses memposting. Efektivitas komunikasi lembaga ACT cab. Medan melalui media sosial dikatakan sangat efektif, hal ini bisa dilihat dari banyaknya respon yang masuk langsung melalui media sosial, kemudian donatur hampir setiap hari ada yang berdonasi ke lembaga ACT, berkat informasi yang mereka dapatkan dari media sosial, dan penggunaan media sosial sebagai Rent Media menambah efektif media sosial tersebut. Hasil donasi yang diperoleh lembaga ACT berbagai macam jenisnya mulai dari uang, emas, makanan, pakaian, dan alat transportasi. Hambatan yang dialami antara lain, hambatan jaringan, Telle Marketing, waktu, tampat, infrastruktur, transportasi, dan lain-lain.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Dec 2019 02:47
Last Modified: 13 Dec 2019 02:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7620

Actions (login required)

View Item View Item