Kemampuan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Islamiyah Medan

Abdy, Mu'arif (2019) Kemampuan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Islamiyah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Mu'arif Abdy .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru baik dari segi kinerja guru, peran kepala madrasah, strategi kepala madrasah, dan mengetahui hambatan yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenology. Informan peneliti berjumlah 3 orang yaitu : Kepala Madrasah, Wkm Kurikulum, dan guru. Teknik yang digunakan dalam megumpulkan data yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dengan menggunakan model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan penentu keabsahan data yang peneliti gunakan dengan tahap (a) kredibilitas, (b) keteralihan, (c) ketergantungan, dan (d) kepastian. Penelitian ini mengungkapkan empat temuan yaitu: 1) Kinerja guru di MTs Islamiyah Medan sudah membaik di buktikan dengan kedisiplinan para guru, kemudian dengan bertambahnya siswa dari tahun ke tahun, dilihat dari segi kepribadian guru tersebut, hubungan dengan warga sekolah, proses belajar mengajarnya sudah menggunakan media, berbagai metode pembelajaran dan sudah sesuai dengan RPP, 2) Peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Islamiyah Medan yaitu sebagai educator (pendidik) dan motivator (motivasi). Jadi kepala sekolah berperan sebagai pemimpin untuk mengimplementasikan visi misi madrasah untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan, 3) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru melakukan pembinaan kinerja guru seperti mengikuti seminar dan pelatihan menerapkan kedisiplinan terhadap guru maupun murid di MTs Islamiyah Medan. Memberikan motivasi kepada guru tujuannya untuk meningkatkan kinerja biasanya kepala madrasah memberikan masukan-masukan kepada guru agar guru lebih profesional dalam menjalankan tugasnya, 4) Hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan kinerja guru yaitu masih kurangnya sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran secara tidak langsung menghambat pencapaian tujuan pendidikan. Simpulan yang diperoleh bahwa kinerja guru sudah baik, hanya saja beberapa faktor harus ditingkatkan seperti peran kelapa madrasah dalam memotivasi guru-guru harus ditingkatkan lagi, strategi kepala madrasah dari segi pembinaan terhadap guru dalam meningkatkan kinerja guru dan hambatannya masih kurangnya sarana dan prasarana yang memadai dalam menunjang proses belajara mengajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Dec 2019 02:47
Last Modified: 13 Dec 2019 02:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7608

Actions (login required)

View Item View Item