Filsafat Pendidikan Islam: Membangun Konsep Dasar Pendidikan Islam

Hidayat, Rahmat and Nasution, Henni Syafriana Filsafat Pendidikan Islam: Membangun Konsep Dasar Pendidikan Islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). (Submitted)

[img]
Preview
Text
Filsafat Pendidikan Islam.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Filsafat pendidikan Islam berperan penting dalam pengembangan pendidikan Islam yaitu memberikan alternatif-alternatif pemecahan berbagai masalah yang sedang dihadapi oleh pendidikan Islam. Filsafat pendidikan Islam memberikan pandangan tertentu tentang manusia (sebagai obyek pendidikan). Pandangan tentang hakikat manusia yang sangat berkaitan dengan tujuan hidup manusia dan sekaligus juga merupakan tujuan pendidikan Islam. Filsafat pendidikan Islam bertujuan menjabarkan tujuan umum pendidikan Islam tersebut dalam bentuk-bentuk tujuan khusus yang operasional. Dan tujuan yang operasioanal ini akan berperan untuk mengarahkan secara nyata gerak aktifitas pelaksanaan pendidikan. Peranan filsafat pendidikan Islam dalam pengembangan pendidikan Islam menyumbangkan analisanya kepada ilmu pendidikan Islam tentang hakikat masalah yang nyata dan rasional yang mengandung nilai-nilai dasar yang dijadikan landasan atau petunjuk dalam proses pendidikan. Peranan filsafat adalah melaksanakan pemikiran rasional analisis dan teoritis (bahkan spekulatif) secara mendalam dan mendasar melalui proses pemikiran yang sistemati s, logis, dan radikal (sampai keakar-akarnya), tentang problema hidup dan kehidupan manusia. Produk pemikirannya merupakan pandangan dasar yang berintikan kepada tiga kekuatan rohani pokok yang berkembang dalam pusat kemanusiaan manusia yang meliputi: induvidualisme, sosialisme dan moralisme.

Jenis Item: Buku
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Buku
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Dec 2019 02:46
Last Modified: 13 Dec 2019 02:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7594

Actions (login required)

View Item View Item