Mengelola Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di MTs Islamiyah Medan

Berutu, Demu Wira (2019) Mengelola Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di MTs Islamiyah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMBIL IJAZAH PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui penyebab siswa merasa cemas dalam menghadapi pembelajaran matematika di MTs. Islamiyah Medan. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang melatar belakangi kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika di MTs. Islamiyah Medan. (3) Untuk mengetahui usaha-usaha apa saja yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika di MTs. Islamiyah Medan. Subjek penelitian adalah guru matematika dan siswa MTs. Islamiyah Medan. Metode pengumpulan adalah observasi, wawancara. Analisis data secara kualitataif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecemasan matematika siswa MTs. Islamiyah Medan disebabkan karena: matematika adalah pelajaran yang sulit dimengerti sehingga siswa banyak yang mengeluh karena merasa kesulitan untuk memahami rumus-rumus matematika. Selain itu, tuntutan untuk mendapat nilai yang baik oleh orang tua dan guru juga menjadi penyebab kecemasan dalam pembelajaran matematika.Dan yang menjadi faktor yang melatar belakangi kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika di MTs. Islamiyah Medan adalah faktor keadaan individu siswa dan faktor keadaan lingkungan siswa. Untuk menghindari adanya kecemasan siswa di MTs. Islamiyah Medan, guru mengelola kecemasan siswa terhadap pembelajaran matematika dengan memberikan penjelasan yang rasional kepada siswa mengapa mereka harus belajar matematika, guru menanamkan rasa percaya diri terhadap siswa bahwa mereka bisa belajar matematika, guru menghilangkan prasangka negatif terhadap matematika, dengan cara memberikan contoh-contoh yang sederhana sampai dengan yang kompleks tentang kegunaan matematika, guru membelajarkan matematika dengan berbagai metode yang bisa mengakomodir berbagai model belajar siswa, guru tidak mengutamakan hafalan dalam pembelajaran matematika, pada saat pembelajaran matematika, guru menjadikan kelas matematika menjadi kelas yang menyenangkan dan nyaman, guru menanamkan rasa tanggung jawab kepada siswa untuk memutuskan kesuksesan siswa dalam pemebelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Dec 2019 07:47
Last Modified: 05 Dec 2019 07:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7553

Actions (login required)

View Item View Item