Analisis Penerapanevaluasi Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Kurikulum 2013 Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2017/2018

Maulida, Afrah (2018) Analisis Penerapanevaluasi Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Kurikulum 2013 Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2017/2018. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Afrah.Pdf.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan evaluasi hasil belajar siswa pada kurikulum KTSP dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2017/ 2018. (2) Penerapan evaluasi hasil belajar siswa pada kurikulum 2013 dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2017/ 2018. (3) Analisis penerapan evaluasi hasil belajar siswa pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2017/ 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskripsi, sedangkan yang menjadi instrumennya ialah peneliti. Data berasal dari dua sumber yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan 4 teknik yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian dengan triangulasi sumber dan pengumpulan data. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan evaluasi hasil belajar siswa pada KTSP dan kurikulum 2013 dalam mata pelajaran PAI di sekolah SMP Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat tahun ajaran 2017/ 2018 dikategorikan cukup baik, KTSP digunakan di kelas IX, dan kurikulum 2013 digunakan di kelas VII dan VIII, hal ini karena saat siswa masuk ke sekolah tersebut sampai siswa tamat tetap menggunakan satu kurikulum. Standar nilai pada kriteria ketuntasan minimal (KKM) di sekolah untuk 2 kurikulum tersebut yaitu 65. Sekolah memiliki kebijakan sendiri untuk format penilaian. Rentang nilai untuk KTSP yaitu skala 0-100, sedangkan untuk kurikulum 2013 terdapat perubahan dari skala 1 – 4 menjadi skala 0-100. Raport siswa untuk kurikulum 2013 tercantum masing-masing kolom penilaian yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan, sedangkan untuk raport KTSP hanya terdapat penilaian sikap, dan penilaian pengetahuan dengan keterampilan disatukan dalam satu kolom penilaian. Penilaian sikap dalam raport KTSP telah tertulis di dalamnya yaitu penilaian tentang kepribadian dan akhlak mulia siswa yang diisi oleh guru dengan penilaian huruf, sedangkan penilaian sikap dalam raport kurikulum 2013 terdapat kolom penilaian sikap spritual dan kolom penilaian sikap sosial yang masing-masing masih kosong, sehingga penilaian diisi oleh guru dengan menuliskan sikap siswa yang terlihat selama siswa mengikuti proses pembelajaran di sekolah

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Dec 2019 07:47
Last Modified: 05 Dec 2019 07:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7552

Actions (login required)

View Item View Item