Sahara, Zaini (2019) Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Tekad Profesional Kepala Madrasah Terhadap Motivasi Kerja Guru Di MTsN 2 Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
TESIS ZAINI SAHARA S2 MPI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Kontribusi yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja guru di MTs N 2 Medan. (2). Kontribusi yang positif dan signifikan antara Tekad Profesional Kepala Madrasah terhadap motivasi kerja guru di MTs N 2 Medan. (3). Kontribusi yang positif dan signifikan secara bersama-sama anatar gaya kepemimpinan transformasional dan tekad profesional terhadap peningkatan motivasi kerja guru di MTs N 2 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Instrument di rancang berbentuk kuesioner untuk variabel kontribusi gaya kepemimpinan transformasional dan tekad profesional keapala madrasah terhadap motivasi kerja guru di MTs N 2 Medan. Validitas instrument diuji melalui content validity dan counstrut validity yang selanjtnya di cobakan kepada 30 guru diluar sampel penelitian ini akan tetapi masih tergolong dalam populasi penelitian cara yang ditempuh adalah dengan memberikan angket kepada 30 guru di MTs 2 Medan. Hasil uji coba variabel gaya kepemimpinan transformasional dari 30 item yang di uji cobakan tertdapat 26 butir valid dan 4 butir invalid yakni terdapat pada butir no 10, 14, 18 dan 28 untuk variabel tekad profesional kepala madrasah dari 24 item yang di uji cobakan terdapat 22 butir yang valid dan 2 butir invalid terdapat pada no 8 dan 10, untuk variabel motivasi kerja guru dari 30 item yang di uji cobakan terdapat 26 butir yang valid dan 4 butir invalid terdapat pada no 21, 24, 28, dan 30. Sedangkan reliabilitas instrument digunakan dengan bantuan spss v 16 dengan hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel reabel dan dapat digunakan untuk penelitian dimanapun. Data di analisis Setelah dilakukan pengolahan dan analisa terhadap hasil penelitian, maka dapat dikemukakan kesimpulan sebagai berikut : (1). Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja guru di MTs N 2 Medan. nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar, 0,787 dan dijelasakan besarnya persentase Kontribusi variabel gaya kepemimpinan transformasional terhadap variabel motivasi kerja guru yang disebut koefesien determinasi yang merupakan hasil dari penguadratan R. sehingga diproleh koefesien determinasi (R2) sebesar 0.619, yang mengandung pengertian bahasa kontribusi gaya kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja guru adalah sebesar 61,9 %. Adapun dilihat dari hasil uji parsial (Uji t) diperoleh nilai koefisien regresi (b1) sebesar 0,666. Pada taraf signifikansi 5%, dapat diketahui t hitung sebesar 5,830 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, karena koefisien regresi mempunyai nilai positif dan nilai signifikansi (p) < 0,05 maka hipotesis pertama yang berbunyi “Terdapat Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Motivasi Kerja Guru di MTs N 2 Medan ” diterima. Artinya, semakin baik gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah maka tentu akan semakin baik motivasi kerja guru di MTs N 2 Medan. (2). Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara Tekad Profesional Kepala Madrasah terhadap Motivasi Kerja Guru di MTs N2 Medan, korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar, 0,680, dan yang disebut koefesien determinasi yang merupakan hasil dari penguadratan R. sehingga diproleh koefesien determinasi (R2) sebesar 0.463, yang mengandung pengertian bahasa kontribusi Tekad Profesional Kepala Madrasah terhadap Motivasi Kerja Guru adalah sebesar 46.3%. adapun uji parsial (Uji t) diproleh nilai koefisien regresi (b2) sebesar 0,313. Pada taraf signifikansi 5%, dapat diketahui t hitung sebesar 2,588 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, karena koefisien regresi mempunyai nilai positif dan nilai signifikansi (p) < 0,05 maka hipotesis kedua yang berbunyi “Terdapat Kontribusi Tekad Profesional Kepala Madrasah terhadap Motivasi Kerja Guru di MTs N 2 Medan” diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa semakin baik tekad profesional kepala madrasah maka tentu akan semakin baik motivasi kerja guru di MTs N 2 Medan. (3). Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Tekad Profesional Kepala Madrasah secara bersama-sama terhadapn Motivasi Kerja Guru di MTs N 2 Medan diproleh angka korelasi sebesar 0.811 dan probalitas = 0,000<0,005, probalitas = 0,000<0,005, yang disebut koefesien determinasi yang merupakan hasil dari penguadratan R. sehingga diproleh koefesien determinasi (R2) sebesar 0.657, yang mengandung pengertian bahasa hubungan dan kontribusi tekad profesional kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru adalah sebesar 65,7%. Adapun nilai F hitung sebesar 57.519 dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000. Maka hipotesis ketiga yang berbunyi “Terdapat Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Tekad Profesional Kepala Madrasah Terhadap Motivasi Kerja Guru di MTs N 2 Medan diterima”. Artinya semakin gaya kepemimpinan transformasional dan tekad profesional kepala madrasah maka tentu motivasi guru di MTs N 2 Medan akan semakin baik.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 08:49 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 08:49 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7537 |
Actions (login required)
View Item |