Akhlak Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Binjai

Nurjannah, Salma (2018) Akhlak Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Salma Nurjannah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : 1) Bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Binjai. 2)Bagaimana akhlak siswa-siswi di SMP Negeri 1 Binjai pada saat proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pengunaan metode penelitisn yang dilihat dari jenis penelitiannya yakni menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Naturalistic Inquiry, dalam proses mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendapatkan data-data yang tertulis maupun yang lisan dari objek-objek yang diamati sehingga penelitian yang dijalankan bersifat natural atau tanpa rekayasa karena mengambarkan secara meyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Binjai menunjukkan bahwa proses pembelajaran sudah menggunakan Kurikulum 2013 dengan menerapkan pendekatan Saintifik dan menggunakan strategi Cooperative Learning yang berbasis PAIKEM. Dalam proses pembelajaran sebagian besar siswa menunjukkan akhlak yang terpuji seperti menghargai pelajaran, menghormati guru, dapat bekerja sama yang baik dengan teman, berbicara dengan sopan, tertib dalam pembelajaran dan disiplin. Sedangkan sebagiannya lagi masih menunjukkan akhlak yang kurang baik seperti tidak memperhatikan guru mengajar, mengabaikan teguran guru, mengganggu teman saat belajar, mencontek dengan teman dan merusak fasilitas sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X5 AKHLAK DAN TASAWUF > 2X5.1 Ahlak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 03 Dec 2019 08:52
Last Modified: 03 Dec 2019 08:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7524

Actions (login required)

View Item View Item