Upaya Meningkatkan hasil Belajar Siswa pada mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Dan Bangun Datarmelalui Model Mind Mapping Dikelas V MIS Ihya Ulumuddin Labuhanbatu Selatan T.P 2017/2018

Dewi, Yulia Puspita (2019) Upaya Meningkatkan hasil Belajar Siswa pada mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Dan Bangun Datarmelalui Model Mind Mapping Dikelas V MIS Ihya Ulumuddin Labuhanbatu Selatan T.P 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada materi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang di kelas V, (2) Ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model Mind Mapping pada materi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang di kelas V MIS Ihya Ulumuddin Labuhanbatu Selatan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 43 siswa yang terdiri dari 28 siswi perempuan dan 15 siswa laki-laki. Hasil penelitian ini tampak pada hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yaitu pada tes awal (pre test), persentase ketuntasan klasikal 25,58% dengan nilai rata-rata siswa adalah 52,55%, kemudian setelah diterapkan model Mind Mapping yaitu pada siklus I ketuntasan belajar meningkat dengan ketuntasan klasikal 58,14% dan nilai rata-rata sebesar 65,11%. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan belajar siswa kembali meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,05% dan nilai rata-rata 80. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai ketuntasan klasikal dengan kriteria yang tinggi. Berdasarkan hal di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa materi sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang di kelas V MIS Ihya Ulumuddin Labuhanbatu Selatan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 03 Dec 2019 08:51
Last Modified: 03 Dec 2019 08:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7523

Actions (login required)

View Item View Item