Analisis Dampak Toko Modern Terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Padangsidimpuan

Kurniawan, Rahmat (2019) Analisis Dampak Toko Modern Terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Padangsidimpuan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
Tesis An. Rahmat Kurniawan 3004163013 Eksya.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Toko modern merupakan toko dengan sistem pelayanan mandiri, menjual berbagai jenis barang secara eceran yang berbentuk minimarket, supermarket, hypermarket. Setiap pendirian toko modern mengacu kepada Peraturan Presiden No. 112 tahun 2007 dan Peraturan Menteri Perdagangan No. 53 tahun 2008 agar dapat tumbuh dan berkembang serasi dengan usaha mikro kecil menengah dengan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat serta saling menguntungkan. Namun pada kenyataan, pelaku usaha mikro kecil menengah mengalami kesulitan untuk mengembangkan usahanya ditengah hadirnya toko modern. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui persepsi pelaku usaha mikro kecil menengah terhadap toko modern, (2) kemitraan UMKM dengan toko modern, (3) kendala kemitraan UMKM terhadap toko modern, (4) peran pemerintah dalam mengatasi dampak toko modern terhadap UMKM di Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara yang mendalam (indepth interview). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi UMKM terhadap toko modern adalah berdampak negatif dan positif. Dampak negatifnya, pendapatan UMKM mengalami penurunan. Dampak positifnya, kehadiran toko modern memberikan motivasi kepada UMKM untuk dapat berbenah dan mengevaluasi diri dari toko modern. Kemitraan yang dijalin oleh UMKM dengan toko modern adalah penggunaan lokasi usaha yang disediakan oleh toko modern, dengan program “Tenan” dan program “Sewa Teras”. Kendala kemitraan yang dihadapi oleh UMKM terhadap toko modern adalah terletak pada masalah produk, legalitas usaha, dan modal usaha. Peranan pemerintah Kota Padangsidimpuan untuk mengatasi dampak toko modern terhadap UMKM adalah memberikan himbauan kepada toko modern agar tidak menambah outlet toko modern, menghimbau untuk melakukan kemitraan dalam hal memasarkan produk lokal UMKM guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memfasilitasi modal usaha UMKM dengan lembaga perbankan, serta memberikan pelatihan dan pembinaan usaha.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 03 Dec 2019 08:51
Last Modified: 03 Dec 2019 08:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7518

Actions (login required)

View Item View Item