Pengaruh Biaya Promosi, Bagi Hasil, Dan Inflasi Terhadap Jumlah Deposito Mudharabah Pada Pt Bprs Gebu Prima Medan

Cintia, Reka (2019) Pengaruh Biaya Promosi, Bagi Hasil, Dan Inflasi Terhadap Jumlah Deposito Mudharabah Pada Pt Bprs Gebu Prima Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan usaha pada perbankan syariah khususnya pada penghimpunan dana pihak ketiga produk deposito mudharabah yaitu faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internalnya adalah reputasi bisnis bank, tingkat suku bunga yang kompetitif atau tingkat bagi hasil, kemampuan distribusi jasa bank, kelengkapan produk dan jasa bank yang ditawarkan, keberhasilan program promosi bank, pelayanan yang lebih cepat dan fleksibel, pengelolaan dana bank yang hati-hati, persaingan dari bank lain dari segala hal. Sedangkan faktor eksternalnya adalah kondisi perekenomian, kegiatan dan kondisi pemerintah, kondisi atau perkembangan pasar uang dan pasar modal, kebijakan pemerintah, peraturan Bank Indonesia. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap penghimpunan dana pihak ketiga produk deposito mudharabah adalah kondisi perekonomian yang ditunjukkan dengan kondisi makroekonomi. Salah satu indikator makro ekonomi adalah inflasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Biaya Promosi, Bagi Hasil dan Inflasi Terhadap Jumlah Deposito Mudharabah Pada PT BPRS Gebu Prima Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari beberapa lembaga terkait, seperti Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Data yang digunakan adalah dalam bentuk triwulanan Januari 2014-Desember 2018. Penelitian ini menggunakan metode analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS 22. Hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa secara simultan Biaya Promosi, Bagi Hasil, dan Inflasi berpengaruh signifikan terhadap jumlah Deposito Mudharabah. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel biaya promosi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap jumlah deposito mudharabah, dan pada variabel bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah deposito mudharabah, sedangkan inflasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap jumlah deposito mudharabah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Nov 2019 06:51
Last Modified: 28 Nov 2019 06:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7432

Actions (login required)

View Item View Item