Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesadaran Konsumen Menggunakan Kosmetik Halal Serta Dampaknya Terhadap Brand Holistic (Studi Pada Wanita Dewasa Di Kota Medan)

Hasibuan, Sri Wahyuni (2019) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesadaran Konsumen Menggunakan Kosmetik Halal Serta Dampaknya Terhadap Brand Holistic (Studi Pada Wanita Dewasa Di Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DISERTASI SRI WAHYUNI HSB 88.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis secara mendalam pengaruh keyakinan agama, peran sertifikasi label/logo, paparan, kesehatan terhadap kesadaran menggunakan kosmetik halal serta dampaknya terhadap merek holistik. Subjek penelitian ini adalah wanita dewasa, usia 20-44 tahun, menggunakan kosmetik berlabel halal dan berdomisili di Kota Medan. Adapun jumlah sampelnya 100 orang yang diambil berdasarkan convenience sampling. Angket merupakan alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini sedangkan jenisnya merupakan penelitian kuantitatif. Teknik analisa data menggunakan pendekatan SEM yang berbasis variance (PLS) dengan program SmartPLS 3.0. Temuan riset ini adalah bahwa kayakinan agama dan kesehatan memiliki pengaruh terhadap kesadaran konsumen menggunakan kosmetik halal sedangkan peran sertifikasi label /logo tidak memiliki pengaruh terhadap kesadaran konsumen menggunakan kosmetik halal maupun pada brand holistic. Selanjutnya variabel kesadaran berpengaruh terhadap brand holistic sedangkan keyakinan agama dan kesehatan berpengaruh terhadap brand holistic melalui kesadaran. Kesadaran konsumen menggunakan kosmetik halal ditunjukkan dengan keyakinan, pengetahuan, pengalaman dan informasi yang didapatkan mengenai kosmetik halal. Selain itu peneliti mengidentifikasi unsur-unsur brand holistic pada kosmetik yaitu (1) Tidak bertentangan dengan prinsip kepercayaan; (2) indah dan sehat; (3) menggunakan bahan-bahan alami; (4) peduli lingkungan dan menolak eksploitasi; (5) bebas dari lemak hewani; (6) proses pembuatan yang bersih; (7) pengawasan yang ketat terhadap sertifikasi label/logo; (8) tidak menyebabkan ketergantungan; (9) memberikan ketenangan akal pikiran, jiwa dan raga; (10) pemaparan yang sesuai dengan kenyataan; (11) dan dapat digunakan berbagai latar belakang manusia. Temuan ini menunjukkan topik potensial untuk penelitian yaitu pengaruh brand holistic terhadap ketahanan merek.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Nov 2019 06:50
Last Modified: 28 Nov 2019 06:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7424

Actions (login required)

View Item View Item