Pengaruh Pendapatan, Religiusitas Dan Gaya Hidup Terhadap Konsumsi Masyarakat Muslim Di Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Hasibuan, Haisah (2019) Pengaruh Pendapatan, Religiusitas Dan Gaya Hidup Terhadap Konsumsi Masyarakat Muslim Di Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena melihat banyaknya masyarakat Islam yang berperilaku konsumtif dan tidak lagi memperhatikan syariatnya sebagai seorang muslim. Banyaknya faktor yang mempengaruhi konsumsi masyarakat mendorong peneliti untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor pendapatan, religiusitas dan gaya hidup, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap konsumsi masyarakat Muslim Di Kecamatan Kotapinang dan untuk mengetahui faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap konsumsi masyarakat tersebut sebagai masyarakat muslim. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat Muslim Kecamatan Kotapinang yang mempunyai pendapatan tetap bahkan menurun. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear berganda dengan metode SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial bahwa variabel pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsumsi masyarakat muslim dilihat dari t-hitung 6,435>1,984 (t-tabel), dengan signifikan 0,000<0,05, variabel religiusitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsumsi masyarakat muslim dilihat dari t-hitung 4,613>1,984 (t-tabel), dengan signifikan 0,000<0,05, dan varibael gaya hidup juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsumsi masyarakat muslim dilihat dari t-hitung 4,671>1,984 (t-tabel), dengan signifikan 0,000<0,05. Kemudian melalui uji secara simultan dapat disimpulkan bahwa variabel pendapatan, religiusitas dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsumsi masyarakat muslim dilihat dari (f-hitung) 47,123>2,700 (f-tabel) dengan nilai signifikan 0,000. Namun pada uji regresi linier berganda dapat dilihat bahwa variabel pendapatan memiliki pengaruh paling dominan terhadap konsumsi masyarakat Muslim Di Kecamatan Kotapinang sebesar 34,0%. Selain itu dari hasil regresi, koefisien kolerasi (R) sebesar 0,772 menunjukkan bahwa variabel bebas (pendapatan, religiusitas dan gaya hidup) memiliki hubungan yang erat dengan variabel terikat (konsumsi masyarakat muslim), sedangkan koefisien determinasi (R2) 0,583 menunjukan adanya pengaruh yang besar antara variabel bebas dengan variabel terikat. Kata Kunci: pendapatan, religiusitas, gaya hidup, dan konsumsi masyarakat muslim.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:24
Last Modified: 25 Nov 2019 08:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7398

Actions (login required)

View Item View Item